KONDISI SARANA DAN PRASARANA PERTPUSTAKAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE KECAMATAN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi sarana dan prasarana perpustakaan sekolah berdasarkan tinjauan standar sarana dan prasarana pada jenjang Sekolah Menengah Pertama Negeri se Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, sehingga dapat teridentifikasi kualitas dan kuantitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 5 sekolah, yakni 5 SMP Negeri di Kecamatan Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi sebagai teknik utama serta didukung dengan dokumentasi. Data yang diperoleh dari lembar angket dan lembar observasi digunakan sebagai acuan utama penelitian ini, sedangkan data hasil dokumentasi digunakan untuk memperkuat hasil data yang diperoleh melalui angket dan observasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kuantitas sarana perpustakaan sekolah belum mencapai standar dengan rata-rata persentase pencapaian 80, 22%. (2) kualitas sarana perpustakaan sekolah cukup layak dengan nilai 3,0. (3) kuantitas prasarana perpustakaan sekolah belum mencapai standar dengan rata-rata persentase pencapaian 96%. (4) kualitas prasarana perpustakaan sekolah cukup layak dengan nilai 3,25. (5) Kendala-kendala yang paling banyak dialami untuk pemenuhan standar sarana dan prasarana perpustakaan sekolah adalah masalah anggaran dan dana pendidikan dari pemerintah yang dianggap masih kurang. (6) Upaya-upaya perpustakaan sekolah dalam menghadapi kendala-kendala pemenuhan standar sarana dan prasarana adalah dengan cara menjalin hubungan yang baik dengan kepala sekolah, komite sekolah dan instansi-instansi lain di luar sekolah.
Kata kunci: standar sarana dan prasarana, perpustakaan sekolah, sekolah menengah pertama
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.