MANAJEMEN SEKOLAH MODEL UNGGULAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 WATES KABUPATEN KULON PROGO

Ery Wahyu Susnawan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen sekolah model unggulan mutu pendidikan di SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kulon Progo, yaitu meliputi: kebijakan, seleksi peserta didik, pembelajaran, fasilitas, dan ekstrakurikuler. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tempat penelitian di SMA Negeri 1 Wates Kabupaten Kulon Progo. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, wakil kepala bidang kesiswaan, guru, dan siswa kelas unggulan. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif menurut Miles, Huberman, & Saldana. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Kebijakan sekolah model unggulan mutu pendidikan diwujudkan dengan adanya kelas unggulan yaitu kelas Matematika dan Ilmu Alam (MIA) yang terdiri atas kelas X MIA 1, kelas XI MIA 1, dan kelas XII MIA 1. (2) Seleksi peserta didik kelas unggulan dilakukan melalui pertimbangan nilai NEM SMP, tes diagnostik, tes psikologi, dan tes wawancara. (3) Metode pembelajaran yang diutamakan yaitu metode aplikasi dan metode ilmu terapan. (4) Fasilitas kelas unggulan yang diberikan sekolah yaitu ruang kelas, meja, kursi, LCD proyektor, papan tulis, dan lain-lainnya. Terdapat fasilitas tambahan khusus berupa AC di setiap kelas unggulan dan sebuah layanan unit reaksi cepat bagi siswa kelas unggulan. (5) Kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas unggulan tidak dibatasi oleh sekolah dalam hal pemilihan jenis ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang dinilai dan dicantumkan di raporyaitu 1 ekstrakurikuler wajib pramuka dan 2 ekstrakurikuler pilihan bebas.
Kata Kunci: Manajemen Sekolah, Sekolah Model Unggulan

Refbacks

  • There are currently no refbacks.