PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan
pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa.
Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis kualitatif model interaktif Miles,
Huberman & Saldana. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perencanaan pembelajaran di SDIT Alam Nurul Islam
Yogyakarta dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama yaitu pada saat rapat kerja tahun ajaran baru dan tahap
kedua pada saat pertemuan syuro’. Dokumen perencanaan yang dihasilkan terdiri dari silabus, RPP, lesson plan,
spider web, dan weekly planning sheet, (2) Pelaksanaan pembelajaran di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta
meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan awal pembelajaran diisi
dengan penanaman nilai-nilai agama Islam, kegiatan inti pembelajaran dilakukan menggunakan metode experiental
learning. Kegiatan penutup pembelajaran diisi dengan penanaman nilai-nilai agama Islam, (3) Evaluasi
pembelajaran di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta meliputi tiga aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap
sosial dan spiritual, serta aspek keterampilan dengan bentuk-bentuk penilaian yang terdiri dari penilaian kinerja,
penilaian tugas/proyek, penilaian hasil kerja, penilaian tertulis, penilaian portofolio, dan penilaian sikap.
Kata kunci : Pengelolaan, Pembelajaran, Sekolah Alam
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.