PERBEDAAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA KMS DAN NON-KMS DI SMPN 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penyesuaian sosial siswa KMS dan Non-KMS di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis komparasi. Subjek penelitian ini yakni siswa kelas VII, VIII dan IX dengan 96 siswa KMS dan 96 siswa Non KMS. Teknik sampling yang digunakan adalah proporsionate stratified random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala kemampuan penyesuaian sosial. Uji validitas instrumen menggunakan validitas logis yang melibatkan expert judgement dan uji reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach dengan nilai 0,883. Analisis data menggunakan teknik analisis uji-T. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikansi 0,015 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan penyesuaian sosial di sekolah antara siswa KMS dan Non-KMS, dimana siswa Non-KMS mempunyai tingkat kemampuan penyesuaian sosial yang lebih tinggi daripada siswa KMS ditunjukkan dengan nilai rata- rata (mean) yang lebih besar dari nilai rata-rata siswa KMS. Hal ini dipengaruhi faktor internal dan eksternal siswa KMS sendiri. Faktor internal meliputi aspek fisik, kognitif dan afektif siswa KMS yang cenderung minder, pemalu, kurang percaya diri dan faktor eksternal seperti anggapan negatif lingkungan terhadap siswa KMS, dan status sosial ekonomi keluarga siswa KMS yang kurang mampu untuk memberikan dukungan baik berupa kebutuhan finansial maupun sosial.
Kata Kunci : kemampuan penyesuaian sosial di sekolah, KMS, non KMS
Abstract
This research aims to know the differences of social adjustment ability between KMS and Non-KMS students in SMP Negeri 2 Yogyakarta. The approach of this research is quantitative and the type of this research is comparative study. The subject of this research are students grade VII, VIII and IX, with 96 KMS students and 96 Non KMS students. The sampling technique used was proporsionate stratified random sampling. Data collection tools using the scale of social adjustment capabilities. Validity test of instument using the logical validity that involves expert judgement and test reliability instument using Cronbach Alpha formula with a value of 0.883. Data analysis using T-test analysis techniques. The results showed significance numbers 0.015 that means there is a difference of social adjustment ability in school between KMS and Non-KMS sudents, where students of Non-KMS have social adjustment ability levels higher than the KMS student. It shown by average (mean) that is greater than the average student KMS. This is the internal and external factors influenced the studentsown KMS. Internal factors such as aspects of physical, cognitive and affective student KMS tends to be inadequate, shy, lack confidence and external factors such as environmental negative presumption against KMS, and socio-economic status familiesless capable KMS students to provide support both in the form of financial and social needs.
Keywords: social adjustment ability in school, KMS, non KMS
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.