PENGARUH INTERAKSI TEMAN SEBAYA DAN PENALARAN MORAL TERHADAP KONTROL DIRI SISWA SMKN 1 KASIHAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh interaksi teman sebaya dan penalaran moral terhadap kontrol diri siswa, (2) pengaruh interaksi teman sebaya terhadap kontrol diri siswa, (3) pengaruh penalaran moral terhadap kontrol diri siswa kelas XI SMKN 1 Kasihan, Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis regresi. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Kasihan, Bantul pada bulan Desember 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Sampel diambil menggunakan teknik Quote Random Sampling dengan jumlah 3 kelas. Alat pengumpul data berupa skala interaksi teman sebaya, skala penalaran moral, dan skala kontrol diri. Uji validitas dan reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik regresi berganda pada uji hipotesis pertama, dan regresi sederhana pada uji hipotesis kedua dan ketiga dengan nilai signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan interaksi teman sebaya dan penalaran moral terhadap kontrol diri pada siswa dengan sumbangan efektif sebesar 45,71%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan interaksi teman sebaya terhadap kontrol diri siswa dengan sumbangan efektif sebesar 18,16%, dan (3) terdapat pengaruh penalaran moral terhadap kontrol diri pada siswa dengan sumbangan efektif sebesar 27,71%. Kesimpulan penelitian ini adalah interaksi teman sebaya dan penalaran moral, baik secara bersama-sama ataupun masing-masing dapat memprediksi kontrol diri pada siswa kelas XI SMKN 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci: interaksi teman sebaya, penalaran moral, kontrol diri
Abstract
The purpose of this research were to know: (1) the effect of peer interaction and moral reasoning on student’s self-control, (2) the effect of peer interaction on student’s self-control, (3) the effect of moral reasoning on student’s self-control grade XI at SMKN 1 Kasihan, Bantul period of 2014/2015.
This research was use quantitative approach with regression type. The research held in SMKN 1 Kasihan, Bantul on Desember 2015. Population on this research were students grade XI at SMKN 1 Kasihan, Bantul period of 2014/2015. Sample were 3 classes and it took with Quote Random Sampling. This research were use peer interaction scale, moral reasoning scale, and self-control scale to collect the data. Instrument validity and reliability was test by with Alpha Cronbach’s formula. Data analysis were use multiple regression and simple regression technique with 5% significance.
The result of this research were: (1) peer interaction and moral reasoning has a positive and significance effect on student’s self-control with 45,71% effective contribution, (2) peer interaction has a positive and significance effect on student’s self-control with 18,16% effective contribution, (3) moral reasoning has a positive and significance effect on student’s self-control with 27,71% effective contribution. The conclusion of this research was, between peer interaction and moral reasoning simultanly or parsially could predict the self-control of student on grade XI at SMKN 1 Kasihan, Bantul period of 2014/2015.
Keywords: peer interaction, moral reasoning, self-control
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.