PERBEDAAN MANAJEMEN DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA ATLET DAN MAHASISWA NON-ATLET PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI FIK UNY
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan manajemen diri akademik pada mahasiswa atlet dan mahasiswa non-atlet Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif komparasi. Sampel yang diambil 60 mahasiswa atlet dan 60 mahasiswa non-atlet. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala manajemen diri akademik. Skor validitas skala manajemen diri akademik dari angka 0,302 sampai dengan 0,628. Nilai koefisien reliabilitas alpha (α) pada skala manajemen diri akademik sebesar 0,936. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t (t-test independent samples test). Hasil analisis uji-t (t-test independent samples test) menunjukkan koefisien komparasi sebesar 1,987 dengan signifikansi sebesar 0,049 (sig<0,05) yang berarti hasil uji t-test independent samples test signifikan. Nilai signifikansi menunjukan terdapat perbedaan manajemen diri akademik pada mahasiswa atlet dan mahasiswa non-atlet program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FIK UNY. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 161,3 untuk mahasiswa atlet dan nilai rata-rata sebesar 167,2 untuk mahasiswa non-atlet, yang berarti bahwa mahasiswa non-atlet memiliki manajemen diri akademik yang lebih tinggi dibanding mahasiswa atlet.
Kata kunci: manajemen diri akademik, mahasiswa atlet, mahasiswa non-atlet
Abstract
This study aimed to determine the differences between academic self manajement of athlete students and non athlete students at Physical Education Teacher and Recreation Faculty of Sport Sciences UNY. The method was used in this study was comparation quantitative. The researcher took 60 of athlete students ang 60 of non athlete students as the sample for this study. The technique of sampling collection used was disproportionate stratified random sampling. The instruments of this research was academic self manajement scale. The validity score of academic self manajement ranged from 0,302 to 0628. The coefficient value of reliability alpha (α) in the academic self manajement scale was 0,936. The data was analyzed statistically using t-test independent samples test. The analysis result of the t-test independent samples test showed that comparation coefficient was 1,987 with the significance was 0,049 (sig<0,05) which means a significant independent samples t-test results. The significance value shows that there was a difference between academic self management athlete students and non athlete students at Physical Education Teacher and Recreation Faculty of Sport Sciences UNY. The result of this study showed that average score of athlete students was 161,3 while non athlete students was 167,2 which meant that academic self manajement athlete student higher than academic self manajement non athlete student.
Keywords: academic self manajement, athlete students, non athlete students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.