HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP KEHARMONISAN KELUARGA DAN POLA ASUH AUTHORITATIVE DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, (2) hubungan antara persepsi siswa terhadap pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan (3) hubungan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dan pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian sebanyak 189 orang. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa skala persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga, persepsi siswa terhadap pola asuh authoritative orang tua, dan kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan nilai R=0,420; (2) terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang positif dan signifikan dengan nilai R=0,377; dan (3) terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap keharmonisan keluarga dan pola asuh authoritative orang tua dengan kepercayaan diri siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta yang juga positif dan signifikan dengan nilai R=0,463.
kata kunci: persepsi, keharmonisan keluarga, pola asuh, authoritative, kepercayaan diri.
Abstract
This research aims to investigate: (1) the correlation between students perception on family harmony with students confidence of first grade students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; (2) the correlation between students perception on authoritative parenting style with students confidence of first grade students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta; and (3) the correlation between students perception on family harmony and authoritative parenting style with students confidence of first grade students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Research subjects were 189 students. The instrument used are students perception scale on family harmony, students perception on authoritative parenting style, and students confidence. The results show that: (1) there is a positive and significant correlation between students perception on family harmony with students confidence of first grade students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta with a value of R=0,420; (2) the correlation between students perception on authoritative parenting style with students confidence of first grade students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta is positive and significant with a value of R=0,377; and (3) the correlation between students perception on family harmony and authoritative parenting style with students confidence of first grade students of SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta is also positive and significant with a value of R=0,463.
key words: perception, family harmony, parenting style, authoritative, confidence
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.