HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KINERJA GURU BK DENGAN KEPERCAYAAN MELAKUKAN KONSELING INDIVIDUAL
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dengan kepercayaan melakukan konseling individual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. subjek dalam penelitian ini berjumlah 135 siswa kelas VIII. Instrumen pengambilan data menggunakan skala sikap dengan uji valditas konstruk, reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,767 pada variabel persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dan 0,792 pada variabel kepercayaan melakukan konseling individual Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling dan kepercayaan melakukan konseling individual yang dilihat dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Kata kunci: persepsi, kinerja, guru bimbingan dan konseling, kepercayaan, konseling.
Abstract
This research aims to determine the correlation between students' perceptions of school counselor’s performance with the trust of individual counseling. This research uses quantitative approach. The subject in this research amounted to 135 students of eighth grade. The data collection instrument uses attitude scale with construct validity test, reliability using Alpha Cronbach formula with the result of 0,767 on students’ perception variable toward school counselor’s performance and 0,792 on trust variable make individual counseling. The results show that the correlation between students' perceptions of school counselor’s performance and the trust of individual counseling is positive and significant seen from the significance value of 0.000 <0.05.
Keywords: perception, performance, school counselor, trust, counseling
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.