PENGARUH KEMAMPUAN INTRAPERSONAL DAN INTERPERSONAL TERHADAP MINAT MENJADI KONSELOR SEBAYA DI PIKR TINGKAT SMP

Khilsa Azkania,

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan intrapersonal terhadap minat menjadi konselor sebaya,  untuk mengetahui pengaruh kemampuan interpersonal terhadap minat menjadi konselor sebaya, dan untuk mengetahui pengaruh kemampuan intrapersonal dan interpersonal secara bersama-sama terhadap minat menjadi konselor sebaya di Pusat Informasi dan Konseling Remaja tingkat SMP Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah konselor sebaya yang berjumlah 151 konselor sebaya. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala kemampuan intrapersonal, skala kemampuan interpersonal dan skala minat menjadi konselor sebaya. Hasil penelitian adalah 1) Ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan intrapersonal terhadap minat menjadi konselor sebaya; 2) Ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan interpersonal terhadap minat menjadi konselor sebaya; dan 3) Ada pengaruh positif dan signifikan kemampuan intrapersonal dan kemampuan interpersonal terhadap minat menjadi konselor sebaya. Mayoritas kemampuan intrapersonal, interpersonal dan minat menjadi konselor sebaya di PIKR tingkat SMP Kabupaten Magelang memiliki kategori tinggi.

 

Kata kunci: kemampuan intrapersonal, kemampuan interpersonal, minat menjadi konselor sebaya

 

 

Abstract

 

The aims of this study was to determine the effect of intrapersonal skills towards the interest of being peer counselor, to determine the effect of interpersonal skills towards the interest of being peer counselor, and to know the effect of intrapersonal and interpersonal skills collectively on the interest to become peer counselor in Pusat Informasi dan Konseling Remaja for the junior high school in Magelang District. This study used quantitative approach. The population of this study are 151 peer counselors. The instruments that is used were intrapersonal skill scale, interpersonal skill scale and interest of becoming peer counselor scale. The results of the study are 1) The intrapersonal could influence the interest of being peer counselor; 2) The interpersonal skills could influence the interest of being peer counselor; 3) The intrapersonal and interpersonal skills could influence the interest of being peer counselor. Majority of intrapersonal, interpersonal skills and the interest of being peer counselor in PIKR for the Junior High School level in Magelang District were having high category.

 

Keywords: intrapersonal skill, interpersonal skill, the interest of being peer counselor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.