PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BIMBINGAN DAN KONSELING TENTANG PROKRASTINASI AKADEMIK BAGI SISWA DI SMK NEGERI 2 SEWON
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media komik, mengetahui kelayakan dan keefektifan media komik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Sewon Jurusan Kriya Tekstil sebanyak 23 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk mendapat penilaian dari ahli media “baik” dengan persentase 78,95%, ahli materi “baik” dengan persentase 73,75%, ahli praktisi “sangat baik” dengan persentase 85,81%, siswa “baik” dengan persentase 81,25% sehingga komik dapat dinyatakan layak dengan persentase rata-rata 79,94%. Hasil tersebut juga didukung dengan peningkatan dalam kesadaran tentang prokrastinasi akademik pada kelas eksperimen masuk dalam kategori tinggi dengan gain score 0,70. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media komik hasil pengembangan layak dan efektif digunakan sebagai media layanan bimbingan.
Kata kunci: pengembangan, media komik, prokrastinasi akademik
AbstractThe research aims to produce comic media, know the worthiness and effectiveness of the comic media. This research uses Research and Development (R&D) method with Borg & Gall model. The subject of the research is 23 students of class X Senior Vocational School State 2 Sewon majoring in Craft and Textiles. Data analysis techniques used in this research are qualitative and quantitative analysis. The results of this research shows that the product “good” assessment by media expert with the precentage of 78,95%, "good" score by material expert with the precentage of 73,75%, “really good" assessment from practitioners expert with the precentage of 85,81%, "good" score from the students with the precentage of 81,25% so this comic can be declared as proper with average percentage 79,94%. The result is also supported with the increase in academic procrastination in classroom experiments with gain score 0,70 gain score which categorized as high category. The result shows that comic media from the development is proper and effective to be used as servise guidance media.
Keywords: development, comic of media, academic of procrastination
Refbacks
- There are currently no refbacks.