PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA YOGYAKARTA

muhammad rizky octavianto,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang perilaku bullying di Sekolah Menengah Atas Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik deskriptif. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive dan didapat 3 siswa yang bersekolah di SMA N 4 Yogyakarta, SMK Piri 1 Yogyakarta, dan SMK N 6 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dibantu dengan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab perilaku bullying  adalah  iklim kelompok, keluarga, media masa, lingkungan, harga diri, tradisi senioritas. Bentuk-bentuk bullying yang dilakukan antara lain: (1) fisik: lirikan sinis, menampar, memukul; (2) verbal: kata kasar yang intimidatif, mengejek, menyebar gosip; (3) cyber: mengancam melalui sosial media. Lokasi yang dijadikan tempat melakukan bullying antara lain ruang kelas, ruang kosong, dan jalan sekitar sekolah.

 

Kata kunci: perilaku bullying, sekolah menengah atas

 

Abstrack

 

This study aims to describe the bullying behavior at High School in Yogyakarta City. The approach of this study using qualitative approach with descriptive technique. The participants of this study were determined purposively techniques and consisting of 3 students who attended at SMA N 4 Yogyakarta, SMK Piri 1 Yogyakarta, and SMK N 6 Yogyakarta. The data collection techniques using in-depth interviews, and observation. The instrument of this study is the researcher itself assisted with interview guides and observation guidelines. The data validity test using triangulation source. Data analysis techniques use data reduction measures, data presentation, and conclusions. The result of the study on three participants of bullying behavior shows that the factor causing bullying behavior done by the three participants are group climate, families, mass media, environment, self-esteem, the tradition of seniority. The types of bullying are: (1) physical: cynical glance, slapping, punching; (2) verbal: coarse words that intimidating, mocking, spreading gossip; (3) cyber: threatening through social media. Location where bullying is held are classrooms, canteens, empty spaces, and road around the school.

 

Keywords: bullying behavior, high school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.