EFEKTIVITAS TEKNIK MODELING SIMBOLIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL

Mei Rosita Sari,

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan mengetahui efektivitas teknik modeling simbolis dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan bentuk non equivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive random sampling sebanyak 64 siswa. Alat pengumpul data utama berupa skala keterampilan komunikasi interpersonal, sedangkan alat pengumpul data tambahan berupa lembar self report dan observasi. Penelitian ini memberi perlakuan berupa teknik modeling simbolis untuk kelompok eksperimen dan bimbingan klasikal untuk kelompok kontrol. Uji hipotesis menggunakan analisis uji t independent sample t-test dan paired sample t-test melalui aplikasi SPSS for Windows 15.0 Version. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. 0,014<0,05 pada pretest dan nilai sig. 0,005<0,05 pada posttest. Sedangkan uji t paired sample t-test diperoleh nilai sig. 0,000<0,005 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa teknik modeling simbolis efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan.

Kata kunci: keterampilan komunikasi interpersonal, teknik modeling simbolis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.