MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI RECPECT-TRAINING DI KELAS XI KECANTIKAN KULIT I SMKN 6 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk menguji penggunaan respect-training dalam meningkatkan keterampilan komunikasi antarpribadi siswa kelas XI jurusan kecantikan kulit SMKN 6 yogyakarta. Metode pendekatannya adalah metode kuantitatif deskriptif. Hasil pra tindakan menunjukkan siswa yang memiliki keterampilan komnukasi tinggi hanya 10,0%, sedang 43,3% dan rendah sebanyak 46,75%. Hasil ini menujukkan siswa masih dalam kategori rendah dan sedang. Hasil penelitiaan siklus I keterampilan siswa kategori tinggi hanya 3 siswa (10,0%) peningkatan hanya terjadi pada kategori rendah dan sedang sehingga hasil ini masih dianggap belum memenuhi kriteria keberhasilan. Penelitian diulang ke siklus II dengan menunjukkan hasil yang maksimal terbukti terjadi banyak peningkatan pada kategori sangat tinggi, ada 6 siswa (20,0%), kategori tinggi ada 19 siswa (63,3%). Hasil ini menunjukkan bahwa terjadi perubahan dari 10,0% kategori tinggi pada tindakan siklus I menjadi 20,0%+63,3%=83,3% kategori tinggi pada pra tindakan siklus II. Hasil observasi juga menujukkan bahwa pada siklus II siswa sudah mampu mempraktikkan keterampilan komunikasi dengan baik, keterampilan mendengar, menjelaskan pikiran dan perasaan secara layak dan jelas, menerima orang lain dengan baik dan mampu menyelesaikan konflik secara pribadi maupun kelompok dengan baik. Hasil ini dapat disimpulkan bahwa keberhasilan sudah termasuk melebihi kriteria yaitu lebih dari 75% maka siklus ini dihentikan.
Kata kunci : siswa, respect-training, keterampilan, komunikasi.
Abstract
Classroom action research (PTK) aims to test the use of respect-training to improve interpersonal communication skills class XI students majoring skin beauty SMKN 6 Yogyakarta. Method is a method of quantitative descriptive approach. The results of the pre-action show students who have high skill komnukasi only 10.0%, while 43.3% and as much as 46.75% lower. These results showed students are still in the category of low and medium. The results of the first cycle of students' skills penelitiaan high category only 3 students (10.0%) increase only occurred in the category of low and medium so that this result is still considered to not meet the success criteria. The study was repeated for the second cycle by showing maximum results proved to be much improvement in the very high category, there are six students (20.0%), high category there are 19 students (63.3%). These results indicate that there is a change of 10.0% high category in cycle I to 20.0% + 63.3% = 83.3% higher in the category of pre-action cycle II. The results also showed that observation on the second cycle students are able to practice with good communication skills, listening skills, explaining the thoughts and feelings appropriately and clearly, accept others well and is able to resolve conflicts in private and group well. These results can be concluded that the success has included exceeding the criteria, ie more than 75% then the cycle is terminated.
Keywords: students, respect-training, skills, communication
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.