PERILAKU BELAJAR PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI INSOMNIA

Kartika Putri,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya insomnia, (2) mendeskripsikan gambaran perilaku belajar pada mahasiswa yang mengalami insomnia, dan (3) menggambarkan dampak insomnia terhadap perilaku belajar pada mahasiswa  yang mengalami insomnia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus. Setting penelitian padauniversitas swasta di Kota Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis dari Miles & Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya insomnia pada ketiga informan adalah stress dan lingkungan pergaulan; (2) Perilaku belajar pada mahasiswa yang mengalami insomnia membuat aktivitas belajarnya berantakan, tidak mampu konsentrasi, tidak fokus, mengantuk, dan penjelasan dosen tidak dapat dipahami dengan baik; dan (3) Dampak terjadinya insomnia adalah perilaku belajar dan kesehatan terganggu.

       

Kata Kunci:perilaku belajar, mahasiswa, dan insomnia

 

Abstract                                  

This study aims to: (1) identify the factors that cause insomnia, (2) describe the picture on the learning behavior of students who experienced insomnia, and (3) describe the impact of insomnia on learning behavior in students who have insomnia. This study is a qualitative research using the case study method. Setting research at private universities in Surakarta. Methods of data collection using in-depth interviews and observation. Data were analyzed using analysis model of Miles & Huberman that includes data collection, data reduction, data display, and conclusion. Technique authenticity of data using triangulation techniques and methods. The results showed that: (1) the factors that cause insomnia in the third informant was stress and social environment; (2) Conduct of learning in students who have insomnia makes learning activities falling apart, unable to concentrate, focus, drowsiness, and explanations lecturers can not be understood; and (3) the impact of insomnia is a learned behavior and impaired health.

Keywords: learning behavior, students, and insomnia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.