DINAMIKA PSIKOLOGIS MAHASISWA YANG MENGALAMI PROKRASTINASI DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR SKRIPSI
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini mengidentifikasi dinamika psikologis mahasiswa Bimbingan Konseling, Universitas Negeri Yogyakarta yang melakukan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi dilihat dari jenis, proses, penyebab, akibat, dan coping. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologis. Subjek mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik induktif-final analysis model Milles & Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan 1) subjek mengalami jenis functional procrastination dan dysfunctional procrastination; 2) proses prokrastinasi mulai bab 1, 2, 3, 4, dan 5; 3) penyebab prokrastinasi mulai dari rasa malas, kurang perfect, banyak bermain, bekerja, kurang dorongan, dan kesulitan bertemu dosen; 4) akibat prokrastinasi adalah perasaan kecewa, menyesal, tertekan, malu, dan bersalah; 5) TO, EN, IR, dan DR mengalami adaptive coping, sedangkan SN mengalami maladaptive coping.
Kata kunci: dinamika psikologis, prokrastinasi
Abstract
The purpose of this study is to identify the psychological dynamics of student guidance and counseling, Yogyakarta State University who did procrastination in completing the thesis seen from the types, processes, causes, consequences and coping. This study using the phenomenological method. The respondents are the undergraduate guidance and counseling study programme. Collecting data using in-depth interviews and observation. The validity of the data using triangulation techniques. Analysis of the data using final analysis the model of Milles & Huberman consists of data collection, reduction, presentation, and drawing conclusions. Research shows 1) subjects had type functional and dysfunctional procrastination; 2) The process of procrastination from chapter 1, 2, 3, 4, and 5; 3) Starting from the procrastination causes laziness, less perfect, many playing, work, less encouragement, and difficulty met lecturers; 4) As a result of procrastination is feeling disappointed, sorry, depressed, ashamed, and guilty; 5) TO, EN, IR, and DR undergo adaptive coping, while SN experience malapdative coping.
Keywords: Psychological dynamics, procrastination
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.