UPAYA PENINGKATAN PENALARAN MORAL MELALUI MATERI CERITA DILEMA MORAL PADA SISWA SMKN 6 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penalaran moral melalui materi cerita dilemma moral pada siswa kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur penelitian sebagai berikut: Perencanaan-Tindakan-Observasi-Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK N 6 Yogyakarta dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa pada kelas X UPW dan AP (2 kelas). Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan angket. Instrumen penelitian menggunakan Defining Issue Test (DIT-1 dari Rest). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian meliputi tahap perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan dilakukan pemberian materi cerita dilemma moral untuk meningkatkan penalaran moral siswa. Tahap refleksi dilakukan perbaikan pada siklus sebelumnya, sehingga penalaran moral pada siklus berikutnya akan berjalan lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan kriteria keberhasilan karena sudah lebih dari 65% siswa berada pada tahap 4.
Kata kunci: penalaran moral, bimbingan dan konseling, cerita dilema moral
Abstract
This study aims to determine the increase in moral reasoning through the narrative material of moral dilemmas in class X SMK Negeri 6 Yogyakarta. The research is classroom action reseach collaboratively with design research and the Taggart Kemmis model implemented in accordance with the procedures of the research as follows: planning-action-reflection-observation. The research was carried out in SMK N 6 Yogyakarta with the subject around 36 students in class X UPW and AP (2 classes). Method of data collection using the observation sheet and student activity and also using quesionaires. Research instrument using the Defining Issues Test (.DIT-1 from the Rest). Data analysis techniques used in this research is a descriptive analysis. The results of the study includes the planning carried out by researchers in collaboration with teachers. Stage action be giving moral dilemma story material to improve students' moral reasoning. This stage of the reflection carried out repairs on the cycle of beforehand, so that moral reasoning in the next cycle will run better. From these results, the success criteria achieved, because more than 65% of students are at stage 4.
Keywords: moral reasoning, guidance and counseling, private counseling
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.