ALIH GENERASI PILIHAN KARIR PENGUSAHA BATIK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (SUATU STUDI GENOGRAM KARIR)
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memaparkan pilihan karir melalui studi Genogram Karir pada keluarga pengusaha batik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interaktif studi kasus. Subjek pada penelitian dipilih melalui metode snowball sampling dan purposive sampling. Kedua subjek merupakan wirausaha batik yang sudah minimal pada generasi ke tiga yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi, membuat konstruksi genogram karir, dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis genogram karir pada dua pengusaha batik di DIY yang berinisial AP dan I. Pilihan karier menjadi penerus usaha batik keluarga pada kedua subjek dimulai dari lingkungan keluarga. Pemahaman diri subjek mengenai nilai, bakat dan minat ditambah dengan kedekatan kedua subjek dengan keluarga atau orang lain yang penting (significant others) kemudian turut mempengaruhi pilihan karier. Pengenalan lingkungan kerja usaha batik turun-temurun milik keluarga terjadi setiap hari sejak kecil. Kaderisasi sebagai penerus usaha batik keluarga juga sudah dilakukan keluarga masing-masing subjek sejak kecil. Alur alih generasi usaha batik keluarganya berawal dari generasi kakek dan nenek, kemudian beralih pada generasi orang tuanya dan generasi subjek saat ini. Model karier kedua subjek merupakan sosok yang muncul dari generasi sebelumnya, yaitu generasi yang lebih tua yang memberikan contoh kepada anak-anaknya.
Kata kunci: genogram karir, pilihan karir, regenerasi, pengusaha, batik
Abstract
This research aims to identify and describe career choice through career genogram studies on batik enterpreneur family. This research uses qualitative interactive case atudies research method. Subjects in this study were two batik entrepreneurs who already at least in the third generation who are in Yogyakarta. The collection of data is made through observation, career genogram construction, and in-depth interviews. These results indicate the analysis of the two batik entrepreneur (initials AP and I ) career genogram in Yogyakarta. The Career choice to become the next generation of family business on both subjects was influenced by family’s environment and parent’s interaction. Understanding of the subject about values, talents and interests of both subjects and influence from a family member or the important person of subject’s life (significant others) then also influence career choices. The introduction of the working environment about family business, was happened every day since childhood. Regeneration as the next generation of family business has also been done by previous generation since childhood. The Flow over of regeneration of batik entrepreneur family came from generations of grandparents, then switched to the generation of their parents and generations of the subject at this time. Model career both subjects is a figure that emerged from the previous generation, the older generation give an example to their children.
Keywords: career genogram, career choice, regeneration, entrepreneur, batik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.