ASPIRASI PENDIDIKAN SISWA PAPUA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspirasi pendidikan siswa dari Papua di SMA N 10 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subyek penelitian ditentukan dengan teknik purposif dan didapat 4 siswa dari Papua. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dibantu pedoman wawancara dan observasi. Uji keabsahan data mengunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian, 1) keempat subyek memiliki kesadaran berkomitmen bersekolah agar aspirasi pendidikannya tercapai, 2) keempat subyek mampu mengevaluasi secara positif konsep akademik yang dimiliki, 3) keempat subyek peduli dengan aspirasi pendidikannya dengan berkeinginan melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus SMA, 4) dukungan belajar dari orang tua berupa pemberian pujian, reward, dan pemenuhan fasilitas belajar, 5) aspirasi pendidikan di lingkungan keluarga berupa harapan tinggi di bidang pendidikan dan pekerjaan, 6) dukungan positif dari teman sebaya berupa pemberian bantuan belajar serta pemberian motivasi, 7) keempat subyek tidak diperlakukan tidak menyenangkan oleh teman-teman. 8) guru memberikan dukungan belajar dengan mengadakan pelajaran tambahan sepulang sekolah, dan reward.
Kata kunci: aspirasi pendidikan, siswa papua
Abstract
This research aimed to know about educational aspiration Papua’s students of Yogyakarta State 10 Secondary School. This research was qualitative using using phenomenology approach. The subjects decided purposely and get 4 Papua’s students. The data collect technique used interview, observation, and documentary study. The instrument was the researcher helped by interview and observation instrument. Validity test used triangulation of source. The data analysis technique used reduction data, display data, and verification. The result, 1) all four had realization for commiting to school, 2) all four able to positively evaluate their academic self-concept, 3) all four had aspiration to go to college after graduate from secondary school, 4) support from parents to study were motivation and reward, 5) home educational-aspiration were high expectation in education and occupation, 6) positive support from friends were helping if they had difficulties on their studies, 7) all four hadn’t treated badly by friends, 8) support from teachers to study were providing extra classes after school, and reward.
Key words: educational aspiration, papua’s student
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.