PENINGKATAN KOHESIVITAS KELOMPOK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM PADA SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian dilatarbelakangi adanya fenomena yang menunjukkan bahwa kohesivitas kelompok memiliki kecenderungan rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kohesivitas kelompok melalui teknik Bimbingan Kelompok Homeroom. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan, dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta kelas VIID yang berjumlah 10 siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus secara kolaborasi antara peneliti dengan guru bimbingan dan konseling. Pelaksanaan bimbingan kelompok homeroom dilakukan dalam 2 siklus dimana pada siklus I meliputi 2 tindakan dalam 2 pertemuan dan siklus II 2 tindakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologis, observasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala kohesivitas kelompok, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Uji validitas menggunakan expert judgment. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitan yang telah dilakukan membuktikan bahwa bimbingan kelompok teknik homeroom dapat digunakan untuk meningkatkan kohesivitas siswa. Pada setiap siklus terjadi peningkatan untuk masing-masing aspek, yaitu aspek memiliki komitmen yang tinggi, aspek kerjasama, aspek memiliki tujuan yang sama dan aspek ketertarikan.
Kata kunci: kohesivitas, bimbingan kelompok teknik homeroom
Abstract
The background of this research is phenomenon which shows a low tendency of group cohesiveness. This study has purpose to increase the cohesiveness of the group through Homeroom Guidance Group technique. This research used action research model with 10 students of VIID class at SMP Negeri 14 Yogyakarta as the subjects. The study had been conducted in two cycles by the researcher and guidance and counseling teacher collaboratively. The implementation of homeroom groups guidance conducted in two cycles which includes two actions in two meetings in the first cycle and two actions in two meetings in the other one. Data collection techniques used in this research are psychological scale, observation, and interviews. While the instruments are group cohesiveness scale, observation and interview guidelines. Furthermore, Expert judgment was used to test the validity. While quantitative and qualitative analysis were used to analyse the data. The results of the research proved that the homeroom group counseling techniques can be used to improve the cohesiveness of students. As the facts, in each cycle there was an increase for each aspect, in term of high commitment, cooperation, same goal, and interest aspect.
Keyworsd: cohesiveness, Homeroom Guidance Group technique
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.