EFEKTIVITAS MUSIK KLASIK (MOZART) UNTUK MENURUNKAN KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 4 YOGYAKARTA

Novian Gangga Kurniawan,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas musik klasik (efek mozart) terhadap penurunan tingkat kejenuhan (burnout) belajar pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang melibatkan 2 kelas dari kelas XI sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui tingkat kejenuhan (burnout) belajar siswa yaitu instrumen skala kejenuhan (burnout) belajar dengan model guttman. Validitas dan reliabilitas instrumen sudah dibakukan, yakni sebesar 0,765 per item untuk validitas dan Rxx=0,862 untuk reliabilitas. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji mann-whitney. Hasil uji wilcoxon menunjukan ada penurunan skor yang signifikan antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dengan p=0,011 dimana p<0,05. Hasil uji mann-whitney menunjukkan bahwa p=0,038 dimana p<0,05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa musik klasik efektif untuk menurunkan tingkat kejenuhan (burnout) belajar pada siswa.

 

Kata kunci : musik klasik (efek mozart), kejenuhan (burnout) belajar.

 

Abstract

The main goal of this research is to find out effectiveness of classical music (mozart effect) to decrease the burnout level of academic in SMA Negeri 4 Yogyakarta second grade students. This research use quantitative approach with nonequivalent control group design. Purposive sampling is applied that involve two groups of second grade students, one as experiment group and the other as control group. Data collecting in this research use academic burnout scale instrument with guttman model. Validity and reliability value of the instrument are standarized, the value of validity is 0,765 per item and the value of reliability is Rxx=0,862. Analysis of the data use wilcoxon test and mann-whitney test. The results of wilcoxon test show significant decrease in scores between pretest and posttest in the experimental group with p=0.011 where p<0.05. Mann-Whitney test results show that p= 0.038 where p<0.05. The results of both tests conclude that classical music is effective for decreasing academic burnout level of students.

Keywords : classical music (mozart effect), learning burnout


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.