PENGARUH TERAPI FILM TERHADAP PENINGKATAN SWAKELOLA BELAJAR PADA SISWA KELAS 8 SMP N 2 BERBAH

Annisa Sekar Jasmine,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengatahui pengaruh terapi film (cinema therapy) untuk meningkatkan swakelola belajar siswa SMP kelas 8 di SMP N 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 SMP N 2 Berbah sebanyak 128 siswa, dengan sampel penelitian kelas 8A sebagai kelompok  kontrol  sebanyak  14  siswa  laki-laki  dan  18  siswa  perempuan  dan  kelas  8C sebagai  kelompok eksperimen sebanyak 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan.  Hasil uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yakni sebesar 0,946. Uji hipotesis menggunakan paired sample T test. Hasil akhir penelitian ini adalah terapi film (cinema therapy) berpengaruh untuk meningkatkan swakelola belajar siswa dengan nilai sig. 0,00(p≤0,05), artinya Ha diterima dan hasil akhir penelitian menunjukan bahwa intensitas peningkatan swakelola belajar belajar siswa, berbeda secara siginifikan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan  menggunakan terapi film  pada kelompok eksperimen.

.

Kata kunci: Terapi Film (Cinema Therapy), Swakelola Belajar

 

Abstact

This study aims to knowing the influence of         cinema therapy for increasing self regulated learning students of class 8 SMP Negeri 2 Berbah. The approach used in this study is the quantitative approach with tru experimental design. Population in this study are students of class 8 SMP Negeri 2 Berbah as many as 128 students, and sample in this study are 8A as control group with 14 male students and 18 female students and 8C as experiment group with 14 male students and 18 female students. Reliability result is using Alpha Cronbach which is equal to 0,946. Hypothesis Testing using the Test T-test paired sample test. Final result in this study is cinema therapy influence the increasing of self regulated learning with significant value 0,00 (p≤0,05), it  means  this study final  result  shows that  intensity increasing of  students self regulated learning is different significantly between before treatment and after treatment in experiment group.

 

Keywords: Cinema Therapy, Self Regulated Learning


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.