EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN GESTALT TERHADAP PENINGKATAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII SMP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan pendekatan Gestalt dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif berjenis eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian pada penelitian ini berjumlah 288 siswa. Sampel penelitian yang digunakan memiliki ketentuan berada pada tingkat kategori rendah (X < 56), sehingga diperoleh 10 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa pedoman observasi dan skala penyesuaian diri. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan Uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis. Uji non parametrik Wilcoxon ini dilakukan melalui program SPSS statistic 19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan Gestalt efektif untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kalimanah, Purbalingga. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien signifikansi sebesar 0,007 dan lebih kecil dari 0,05 dengan nilai Z=-2,964 yang menandakan bahwa H1 diterima. Pemberian treatment berpengaruh positif pada kelompok eksperimen dengan adanya peningkatan rata-rata (mean) skor, yaitu dari 56 menjadi 78,6.
Kata kunci: Konseling Kelompok, Pendekatan Gestalt, Penyesuaian Diri.
Abstract
This study aimed to investigate the effectiveness of the counseling group with the Gestalt approach in the improvement of students’ self-adjustment. The study employed the quantitative approach of the experimental type using the non-equivalent control group design. The research population comprised 288 students. The research sample selected was in the low category (X < 56) so that 10 students were selected as the research sample. The instruments in the study were an observation guide and a self-adjustment scale. The data were analyzed by the Wilcoxon test to test the hypothesis. The non-parametric Wilcoxon test was carried out using the program of SPSS 19.0. The results of the study showed that the counseling group with the Gestalt approach was effective to improve the self-adjustment of Grade VII students of Public Junior High School 1 of Kalimanah, Purbalingga. This was indicated by the significance value of 0.007 which was less than 0.05 with the Z value of -2.964, indicating that H1 was accepted. The provision of the treatment had a positive effect on the experimental group, indicated by the improvement of the mean score from 56 to 78.6.
Keywords: Group Counseling, Gestalt Approach, Self-Adjustment
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.