EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA ANGGOTA OSIS SMP NEGERI 1 PAKEM
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam meningkatkan perilaku asertif anggota OSIS SMP Negeri 1 Pakem.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimental dengan desain nonequivalent control group design.Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 6 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa skala perilaku asertif dan pedoman observasi.Analisis hipotesis menggunakan Uji Mann Withney melalui program SPSS statistic 17.0.Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik role playing efektif untuk meningkatkan perilaku asertif anggota OSIS SMP Negeri 1 Pakem. Hal ini dilihat dari koefisien signifikansi sebesar 0,008 dan lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%) dan adanya peningkatan rata-rata (mean) skor pada kelompok eksperimen dari 83,167 menjadi 97,5.
Kata kunci: Teknik role playing, perilaku asertif.
Abstract
The purpose of this research is to find out of the effectiveness of role playing techniques to increase assertive behavior for the members of OSIS in SMP N 1 Pakem. This research using a quasi-experimental with nonequivalent control group design. Subjects in the development of this research consisted of 6 students as experimental group and 6 students as a control group. The instrument that is used on this reasearchis an assertive behavior scale and observation guidelines. Analysis of the hypothesis using Mann Whitney test through the SPSS statistic17.0. The results showed that the technique of role playing effective to improve assertive behavior in members of OSIS SMP N 1 Pakem. It is seen from the significance coefficient of0.008 and less than 0.05 (5% significance level) and an increase in the average (mean) score of the experimental group from 83.167 to 97.5.
Keywords: role playing techniques, assertive behavior.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.