UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMILIHAN KARIER SISWA MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN TRAIT-FACTOR PADA SISWA KELAS X MIA 2 MADRASAH ALLIYAH NEGERI (MAN) 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dalam konseling kelompok dengan pendekatan trait-factor sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemilihan karier siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini berbasis penelitian tindakan (action reseach) dengan menggunakan model Kemmis & Mc.Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu enam siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Yogyakarta yang memiliki kemampuan pemilihan karier kategori sedang berdasarkan hasil pre-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu skala kemampuan pemilihan karier, pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Uji validitas instrumen skala kemampuan pemilihan karier menggunakan validitas isi dan validitas konstruk. Uji reliabilitas menggunakan formula Alpha Cronbach dengan koefisien 0,843. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS for Windows versi 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan trait-factor dapat meningkatkan kemampuan pemilihan karier siswa kelas X MIA 2 MAN 1 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan signifikan skor rata-rata pre-test 72,5, post-test siklus I 88,5 dan post-test siklus II 95. Peningkatan tersebut juga diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara.
Kata kunci: kemampuan pemilihan karier, konseling kelompok, trait-factor
Abstract
This research aims to find out the process in group counseling with trait-factor approach as an effort to improve student’s career choice X MIA 2 grade of MAN 1 Yogyakarta. This research used two cycles of Kemmis & Mc. Taggart models with four stages (Planning, action, observation, and reflection). The subjects in this research is six students X MIA 2 grade of MAN 1 Yogyakarta, which have the career choice ability with middle category based on pre-test results. Data collection techniques in this research is scale, interview, observation and documentation. The instrument in this research is career choice ability scale, interview guide, and observation guide. Career choice ability scale validity used content validity and construct validity test. Reliability tested by Alpha Cronbach formula with 0,843 coefficient reliability. Data analysed using SPSS for Windows 16. The result shown that group counseling with trait-factor approach can improve students career choice ability X MIA 2 grade of MAN 1 Yogyakarta.This is evidenced by significant increasing of pre-test average score 72,5, Post-test 88,5 (Cycle I), and 95 (cycle II). This increasing also reinforced by the results of observation and interviews.
Keywords: career choice ability, group counseling, trait-factor
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.