EFEKTIVITAS METODE TEAMWORK TEMATIK TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Shola Fitria,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas metode teamwork tematik dalam layanan bimbingan klasikal untuk minat baca siswa kelas XI MIA SMA N 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Metode Teamwork Tematik sebagai variabel independent merupakan metode kerjasama tim dalam seting kelas dengan pemberian tugas berupa membuat kliping. Analisis hipotesis menggunakan uji independent sample t test melalui program SPSS ver 16.00. Hasil uji t pretest yaitu nilai signifikansi 0,074 berarti lebih besar dari 0,05 yang artinya tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen. Uji t setelah treatment atau posttest menghasilkan nilai signifikansi 0,002 yaitu lebih kecil dari 0,05 (0,002<0,05) maka terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen setelah dilakukan treatment pada kelompok eksperimen. Rerata posttest kelompok kontrol adalah 122 dan kelompok eksperimen adalah 131. Oleh karena itu, metode teamwork tematik dalam layanan bimbingan klasikal efektif meningkatkan minat baca siswa.
Abstract
This research aims to examine the effectiveness of thematic teamwork method in classical guidance to interest reading. This study used a quantitative approach with quasi-experimental, pretest-posttest control group design. Thematic Teamwork method as an independent variable is a method of teamwork in a classroom setting with tasks such as making a scrapbook. Analysis test hypotheses using independent sample t test with SPSS ver 16.00. Results of the t test of significance 0.074 pretest value means greater than 0.05, which means there is no significant difference between the control and experimental groups. t test posttest generate significant value of 0.002 is less than 0.05 (0.002 <0.05) then there is a significant difference between the control group and the experimental group after treatment in the experimental group. The mean posttest control group was 122 and the experimental group is 131. Therefore, the method of thematic teamwork in classical guidance effectively improve students' interest reading.
Keywords: thematic teamwork method, interest of reading


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.