PENINGKATAN KEDISIPLINAN BELAJAR MELALUI PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA SISWA KELAS X MC DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen melalui pelatihan manajemen waktu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2015 di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan skala kedisiplinan belajar, observasi dan wawancara. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan manajemen waktu dapat meningkatkan disiplin belajar pada siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Peningkatan dibuktikan dengan hasil skor skala disiplin belajar rata-rata pra tindakan sebesar 79,27 ; pasca siklus I sebesar 102,70 dan pasca siklus II sebesar 117,42. Hasil tersebut telah diperkuat dengan hasil observasi dan wawancara terhadap subyek yang menunjukkan disiplin belajar siswa kelas X MC di SMK Muhammadiyah 1 Playen mengalami peningkatan.
Kata Kunci: kedisiplinan belajar, pelatihan manajemen waktu
Abstract
This study aims to improve the discipline learned in class X MC at SMK Muhammadiyah 1 Playen through time management training. This study is a classroom action research design Kemmis and McTaggart which consists of four stages: planning, implementation, observation and reflection. The subjects were students of class X MC at SMK Muhammadiyah 1 Playen. This study was conducted in May to June 2015 in SMK Muhammadiyah 1 Playen. The method used to collect data that is the scale of learning discipline, observation and interviews. The method used to analyze data is descriptive quantitative results showed that the time management training can improve the discipline of learning in class X MC at SMK Muhammadiyah 1 Playen. Increased evidenced by the results of studying the discipline scale score average pre-action amounted to 79.27; after the first cycle of 102.70 and after the second cycle of 117.42. These results have been confirmed by observations and interviews with subjects who showed discipline MC class X student in SMK Muhammadiyah 1 Playen increased.
Keywords: learning discipline, time management training
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.