HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan konsep diri pada siswa kelas XI Kelas Khusus Olahraga (KKO) SMA Negeri 1 Seyegan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasional. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan subjek 29 siswa kelas XI KKO di SMA Negeri 1 Seyegan. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial dan skala konsep diri. Validitas isi menggunakan expert judgement dan validitas item menggunakan teknik koefisien korelasi item total melalui uji coba pada siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Sewon. Uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas 0,937 pada skala dukungan sosial dan 0,895 pada skala konsep diri. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson dengan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif antara dukungan sosial dengan konsep diri dengan nilai korelasi 0,409 dan p 0,028 (P < 0,05); artinya, semakin tinggi tingkat dukungan sosial, semakin tinggi pula tingkat konsep diri siswa dan sebaliknya, semakin rendah tingkat dukungan sosial, semakin rendah pula tingkat konsep diri siswa. Sumbangan efektif dukungan sosial terhadap konsep diri sebesar 16,7%. Hasil kategorisasi dukungan sosial menunjukkan siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Seyegan memiliki tingkat dukungan sosial rendah (44,8%). Hasil kategorisasi konsep diri menunjukkan siswa kelas XI KKO SMA Negeri 1 Seyegan memiliki tingkat konsep diri rendah (55,2%).
Kata kunci: dukungan sosial, konsep diri, KKO
Abstract
The objective of this research is to identify the relationship between social support and self concept to the students of of Kelas Khusus Olahraga (KKO) Grade XI SMA Negeri 1 Seyegan. This research was a quantitative research with the correlation type. This reaserach was a population research with the subjects 29 students of KKO Grade XI SMA Negeri 1 Seyegan. The instruments to collect the data used social support and self concept scale. The content validity test used expert judgment and the validity item test used technique of correlation coefficient total item by taking try out to the students of KKO Grade XI SMA Negeri 1 Sewon. Meanwhile, the reliability test used Alpha Cronbach technique with the reliability coefficient 0,937 in social support scale and 0,895 in self concept scale. To analyze the data, the researcher used correlation technique of product moment’s Karl Pearson with SPSS 16 for Windows program. The result of this research shows that there is a positive relationship between social support and self concept with the correlation value 0,409 and p 0,028 (p<0,05); it means that the higher support level will influence the higher self concept of the students. The contribution of social support effectiveness to the self concept 16,7%. Based on the result of social support category, it shows that the students of KKO Grade XI SMA Negeri 1 Seyegan have low social support (44,8). Meanwhile, based on the result of self concept category, they also have low self concept (55,2%).
Key words: social support, self concept, KKO
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.