STUDI KASUS MENGENAI PENYESUAIAN AKADEMIK MANTAN ANGGOTA GENG PELAJAR LAKI-LAKI DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Abstrak
Kehidupan pelajar yang menjadi anggota geng sekolah berbeda dengan pelajar yang bukan anggota geng
sekolah. Banyak situasi yang tidak dialami oleh pelajar biasa. Banyak hambatan yang akan dialami oleh anggota
geng, salah satunya akan berdampak bagi penyesuaian diri seseorang di masa depannya, misal pada penyesuaian
dirinya di bidang akademik. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penyesuaian
akademik mantan anggota geng sekolah yang dipengaruhi oleh berbagai hal yang dilalui ketika masih aktif terlibat
dalam geng sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang secara spesifik lebih diarahkan pada
penggunaan metode studi kasus. Banyaknya pengalaman dan dampak yang mereka alami sebagai anggota geng
mempengaruhi kehidupan masa kini mereka, khusunya dalam aspek penyesuaian akademik. Keempat subjek
memiliki kesulitan dalam menyesuaikan diri di lingkungan perguruan tinggi.
Kata kunci: Penyesuaian Akademik, Mantan Anggota Geng Sekolah
Abstract
The livesof students who become school gangsters are different from students who are not members of the school
gang. Many situations that arenot experienced by ordinary students. Many obstacles will be experienced by gang
members whichh will have implications for self-adjustment in the future. For example, self-adjustment in academic
field. This research aims to describe the academic adjustments of former school gangster that are influenced by a
variety of things that happened when they are actively involved in school gangs. This study uses a qualitative
approach which is more specifically directed to the usage of the case study method. Many experiences and impacts
that they experience as a gangster affect their present-day life, especially in the aspect ofacademic adjustment. The
four subjects have difficulty in adjusting to the college environment.
Key word: academic adjustment, former school gangster
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.