SURVEI KEMAMPUAN SELF-REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALASAN

Hana Nurfiani,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan self-regulated learning kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas dengan penggunaan teknik sampling berupa random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa skala. Instrumen yang digunakan berupa skala kemampuan self-regulated learning. Validasi instrumen dilakukan menggunakan validasi konstruk berupa expert judgement, sedangkan uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan teknik Alpha Cronbach untuk skala kemampuan self-regulated learning sebesar 0,894 yang menunjukkan realibilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan yakni dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan self-regulated learning pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Kalasan secara keseluruhan berada pada kategori sedang, yaitu dengan perolehan kemampuan self-regulated learning dalam kategori sedang yakni 28 siswa (45%). Hasil analisis pada setiap aspeknya yakni, pada 1) aspek perencanaan berada pada kategori sedang dengan jumlah 32 siswa (52%) yang meliputi menentukan strategi belajar yang akan digunakan, merasa memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas, dan mengatur diri untuk persiapan belajar, 2) pada aspek pelaksanaan berada pada kategori sedang dengan jumlah 28 siswa (45%) meliputi menerapkan strategi kognitif dan metakognitif, memonitor dan mengontrol emosi dan motivasi belajar, dan melakukan kegiatan, serta 3) aspek evaluasi berada pada kategori sedang, dengan jumlah siswa dalam kategori sedang 28 siswa (45%) meliputi memilih strategi untuk mengatasi kegagalan, merasa mampu mengevaluasi hasil belajar, meninjau kembali hasil pekerjaan sendiri.
Kata kunci: kemampuan self-regulated learning, siswa kelas X
Abstract
The purpose of the research aims to understand rate ability self-regulated learning class x in State Vocational Schools 1 Kalasan. The research is survey research, using the quantitative approach .The subject of this research 62 students who were divided into 2 classroom with the use of sampling of random sampling. Data collection techniques used in the form of scale. An instrument used in the form of scale of events the capacity self-regulated learning. Validation instruments performed using construct validation of experts judgement, while reliability test instruments performed by using technique Alpha Cronbach to scale ability self-regulated learning of 0,894 showing realibilitas very high .Analysis techniques the data used by statistics descriptive. The results of the study showed that the ability self-regulated learning to their students class X in State Vocational Schools 1 Kalasan is entirely located in medium category, namely by the acquisition the ability self-regulated learning in medium category the 28 students (45 %) .The results of the analysis in every aspect is, on 1) the planning aspect of be in the being with the number of 32 students (52 %) which includes determine learning strategy will be used, they felt obligated to complete the task , and arrange oneself to prepare learning, 2) in aspects are in the being with the number of 28 students (45 %) covers exercise a cognitive and metakognitive, monitor and control emotions and the motivation to study, and do activities , as well as 3 ) aspects evaluation is at medium category, and the number of students in medium category 28 students (45 %) covers choose a to overcome failure, feel able to evaluate study results, and review the results of own work.
Keywords: self-regulated learning, studentsclass X


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.