PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PADA MAHASISWA JURUSAN PPB 2013 FIP UNY

Agnes Lestari Nurvitria,

Abstract



ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat gaya hidup hedonis yang terjadi; 2) tingkat perilaku pembelian impulsif yang terjadi; 3) pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa Jurusan PPB Angkatan 2013 FIP UNY.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 80 mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan 2013 FIP UNY. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan Skala Gaya Hidup Hedonis dan Skala Pembelian Impulsif. Uji validitas intrumen menggunakan validitas isi dengan expert judgement, sedangkan uji skala reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas Skala Gaya Hidup Hedonis sebesar 0,920 dan koefisien reliabilitas Skala Pembelian Impulsif sebesar 0,896. Untuk mengetahui adanya pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif digunakan teknik analisis regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat gaya hidup hedonis dan pembelian impulsif berada pada kategori sedang, kemudian adanya pengaruh positif gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa PPB 2013 UNY, yang ditunjukkan dengan nilai konstanta sebesar 39,176 dan nilai koefisien regeresi perdiktor sebesar 0,596. Hasil nilai signifikansinya adalah 0,000 berarti p< 0,05 dengan persamaan regresi linearnya yaitu
. Model regresi ini memiliki arti bahwa diperkirakan setiap peningkatan satu poin skor pada X atau gaya hidup hedonis memprediksikan peningkatan 0,596 pada variabel perilaku pembelian impulsif.
Kata kunci: gaya hidup hedonis, pembelian impulsif, mahasiswa
ABSTRACT
The objectives of this research were to identify: 1) the level of hedonic life style; 2) the level of the behaviour of impulsive purchase; 3) the influence of hedonic life style on the behavior of impulsive purchase of the students of Educational Psychology and Guidance 2013, Faculty of Education State University of Yogyakarta.
Quantitative approach is used to analyze the data. The subjects of this research were 80 students of Educational Psychology and Guidance 2013. The data were obtained by using Scale of Hedonic Life Style and Scale of Impulsive Purchase. Behavior the validity of the scales were content validity tested through expert judgment, whereas the the instrument reliability test used was formula Alpha Cronbach. The reliability coefficient of Hedonic Life Style scale was 0,920 and Impulsive Purchase behavior was Scale 0,896. In order to know the influence of hedonic life style on the behavior of impulsive purchase behavior, simple regression technique was used.
The finding of this research showed that the level of hedonic life syle and impulsive purchase is in the level of medium, then there was a positive significant influence of hedonic life style on the behavior of impulsive purchase behavior of the students of Educational Psychology and Guidance 2013 Faculty of Education State University of Yogyakarta, which is shown by the constanta value 39,176 and the predictor of regreesion coofisient was 0,596. p<0,05 and the equation of linear regression was
. The regression model has a meaning that it is predicted in every raising of one point score in X or hedonic life style predicted the raising of 0,596 of impulsive purchase behavior.
Keywords: hedonic life style, impulsive purchase, students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.