HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI AKADEMIK DENGAN MINAT MELANJUTKAN STUDI DI PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KRETEK
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan minat melanjutkan studi pada siswa kelas XI SMA N 1 Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan kuesioner tertutup, langsung, dan berupa rating scale. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian ini adalah uji korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan minat melanjutkan studi di perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kretek”, dengan nilai korelasi antara efikasi diri dengan minat melanjutkan studi secara umum r sebesar 0,586 yang artinya efikasi diri akademik mempunyai hubungan dengan minat melanjutkan studi sebesar 0,586 dan berdasarkan pedoman interpretasi koefisien korelasi termasuk dalam kategori sedang.
Kata kunci: efikasi diri akademik, minat melanjutkan studi
Abstract
This study aims to determine the relationship between self-efficacy relationship of academic interest to continue their studies in class XI SMA N 1 Kretek. This research is a quantitative type of correlation. Subjects in this study amounted to 84 students. Data collection techniques using the questionnaire enclosed, direct, and in the form of rating scale. Data analysis techniques used to answer the hypothesis of this study is the product moment correlation test. These results indicate that there is a positive relationship between self-efficacy with an interest to study in college on a class XI student of SMAN 1 Kretek ", with the value of the correlation between self-efficacy with interest to continue their studies in general r of 0.586, which means self-efficacy academic have a relationship with a continuing interest in the study of 0.586 and a correlation coefficient based on the interpretation of the guidelines included in the medium category.
Keywords: academic self-efficacy, interest continue studies
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.