KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSELING REALITAS SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Febrian Amir Nashrullah,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik konseling kelompok dengan pendekatan realitas terhadap penurunan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta Tahun 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta berjumlah 193 siswa. teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ketentuan sampel penelitian memiliki skor tinggi pada skala prokrastinasi akademik (Skor > 70). Instrumen yang digunakan berupa skala prokrastinasi akademik yang sebelumnya sudah diuji validasi menggunakan expert judgement dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala prokrastinasi akademik diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,979 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis hipotesis menggunakan uji t yang digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat prokrastinasi akademik sebelum treatmen (pre-test) dengan sesudah diberikan treatment (post-test) melalui program SPSS ver 16.00. Hasil uji wilcoxon match pair test dari hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan Z hitung = 4.717 > Ztabel = 0, sehingga dapat ditarik kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat perbedaan hasil antara skor pre-test dan post-test. Rata-rata skor skala prokrastinasi akademik pada kelompok eksperimen yang menurun dari skor 72.56 menjadi 58.56. Dengan demikian,teknik konseling kelompok realitas mampu menurunkan tingkat prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Piyungan Bantul.
Kata kunci : konseling kelompok, konseling realitas, prokrastinasi akademik
Abstrack
This study aims to determine the group counseling techniques to approach the reality of the decline in academic procrastination in class VIII SMP N 1 Piyungan Bantul, Yogyakarta Year 2014/2015. This study uses a quantitative approach type of quasi-experimental design with non-equivalent control group design. The study population was all students of class VIII SMP N 1 Bantul Yogyakarta Piyungan totaled 193 students. The sampling technique used is purposive sampling with the provisions of the study sample had a high score on a scale of academic procrastination (Score> 70). The instrument used in the form of academic procrastination scale that have previously been tested validation using expert judgment and declared valid. Academic procrastination scale reliability was tested using Cronbach's alpha coefficient 0.979 and showed a high level of reliability. Analysis of the hypothesis using the t test were used to determine differences in the level of academic procrastination before treatments (pre-test) with the given treatment after (post-test) by SPSS ver 16:00. Wilcoxon test results match the pair test of the overall results of the study show the Z count = 4,717> Ztabel = 0, so that it can be deduced Ha Ho accepted and rejected, there is a difference in the results between the scores of pre-test and post-test. The average score on the academic procrastination scale experimental group decreased from a score of 72.56 into 58.56. Thus, the reality of group counseling techniques capable of lowering the level of academic procrastination in class VIII SMP N 1 Piyungan Bantul.
Keywords : group counseling , counseling reality , academic procrastination


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.