HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PRAMBANAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan prokrastinasi akademik dengan persepsi siswa terhadap dukungan sosial dari teman sebaya, selain itu juga untuk mengetahui hubungan antara persepsi dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambanan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian ini berjumlah 128 siswa yang ditentukan dengan teknik sampling proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang digunakan adalah skala persepsi dukungan sosial teman sebaya dan skala prokrastinasi akademik. Validasi instrumen dilakukan menggunakan rumus product moment, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Adapun reliabilitas skala prokrastinasi akademik sebesar 0,877, dan skala persepsi dukungan sosial teman sebaya sebesar 0,890 yang menunjukkan realibilitas sangat tinggi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis korelasional menurut Spearman. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) tingkat kecenderungan prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambanan memiliki presentase sebesar 46,9% dan memiliki kategori sedang, (2) tingkat persepsi siswa terhadap dukungan sosial dari teman sebaya pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambanan memiliki presentase sebesar 42,2% dan memiliki kategori sedang, dan (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara persepsi dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Prambanan dengan koefisien korelasi persepsi dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi akademik yakni sebesar 0,441.
Kata kunci: persepsi dukungan sosial teman sebaya, prokrastinasi akademik
Abstract
This research aimed to describe the tendency of academic procrastination with students’ perception to peer social support; moreover, it also aimed to discover the relationship between the perception of peer social support with academic procrastination on the students of XI class in SMA Negeri 1 Prambanan.
The approach which was used in this research was a quantitative approach with a correlational study method. The amount of research subject for this research was 128 students which were determined by proportional random sampling technique. Data collection techniques used in this research was questionnaire. The instrument which was used was the perception of peer social support scale and academic procrastination scale. The validation of the instrument was done by using product moment formula, while the reliability of the instrument was done by using Alpha Cronbach formula with the procrastination scale 0,877 and the perception of peer’s social support scale 0,890 which indicated a very high reliability. Data analysis technique which was used in this research was based on Spearman’s correlational analysis.
The result of this research showed that (1) the degree of the tendency of academic procrastination on XI class students in SMA Negeri 1 Prambanan had the precentage 46,9% and had medium category, (2) the degree of students’ perception to social support form peer on XI class students in SMA Negeri 1 Prambanan had the precentage 42,2%, and had medium category, and (3) there were negative and significant relations between perception of peer support with academic procrastination on XI class students in SMA Negeri 1 Prambanan with the correlation coefficient of perception of peer social support and academic procrastination 0,441.
Keywords: perception of peer social support, academic procrastination
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.