PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN DUKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Umi Hidayatun,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja, 2) pengaruh dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja, 3) pengaruh intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja dengan p (0,000) < 0,05, (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media sosial terhadap perilaku konsumtif remaja dengan p (0,000) < 0,05, (3) ada pengaruh positif dan signifikan antara dukungan teman sebaya terhadap perilaku konsumtif remaja dengan p (0,015) < 0,05. Dengan demikian, variabel intensitas penggunaan media sosial dan dukungan teman sebaya baik secara masing-masing ataupun bersama-sama memprediksikan variabel perilaku konsumtif remaja.
Kata kunci: media sosial, dukungan teman sebaya, perilaku konsumtif remaja.
Abstract
This research goals to find out:1) the impact of intensity social media utilization toward teenager consumptive behavior, 2) the impact of peer group support toward teenager consumptive behavior, 3) The impact of intensity social media utilization and peer group support toward consumptive behavior.
This research is correlation research. The populations of this research are the students in grade XI of Muhammadiyah senior high school, the academic year of 2014/2015. The result show: (1). There is positive impact and significant between intensity of social media utilization and peer group support toward teenager consumptive behavior at p (0,000) < 0,05, (2). There is positive impact and significant between intensity of social media utilization toward teenager consumptive behavior at p (0,000) < 0,05, (3).There is positive impact and significant between peer group support toward teenager consumptive behavior at p (0,015)<0,05. Therefore, the variable intensity of media social utilization and peer group support, good in individually or together predicts the variable of consumptive behavior.
Keyword: social media, peer group support, teenager consumptive behavior.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.