PENGARUH KEMATANGAN EMOSI TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL REMAJA PENGGUNA GADGET DI SMP N 2 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kematangan emosi remaja pengguna gadget, 2) perilaku prososial remaja pengguna gadget, dan 3) pengaruh kematangan emosi terhadap perilaku prososial remaja pengguna gadget di SMP N 2 Yogyakarta. Pendekatan menggunakan kuantitatif dengan jenis kausalitas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII di SMP N 2 Yogyakarta sebanyak 210 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik cluster random sampling. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach, diperoleh koefisien reliabilitas kematangan emosi sebesar 0,708 dan koefisien realibilitas perilaku prososial sebesar 0,863. Analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kematangan emosi pada kategori rendah sebanyak 9 siswa, kategori sedang sebanyak 161 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 40 siswa, 2) perilaku prososial pada kategori rendah sebanyak 75 siswa, kategori sedang sebanyak 109 siswa, dan kategori tinggi sebanyak 26 siswa, dan 3) ada pengaruh kematangan emosi terhadap perilaku prososial remaja pengguna gadget dengan nilai signifikansi (p) 0,000. Koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai sebesar 0,104. Hal ini menunjukkan bahwa kematangan emosi mempengaruhi perilaku prososial sebesar 10,4%, sedangkan 89,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata kunci: kematangan emosi, perilaku prososial
Abstract
The purpose of this research are to know: 1) emotional maturity of teenager gadget user, 2) prosocial behavior of teenager gadget user, and 3) the effect of emotional maturity toward prosocial behavior of teenager gadget user in SMP N 2 Yogyakarta. This research use causalitas-quantitative approach. The sample of this research are students in grade VII and VIII in SMP N 2 Yogyakarta about 210 students. This research use cluster random sampling technique. Alpha Cronbach is used for the reliability, with 0,708 of the reliability coefisien of emotional maturity and the reliability coefisien of prosocial behavior is 0,863. Data analysis technique that used is simple regretion analysis. The result of the research shows that: 1) the emotional maturity in low category is about 9 students, in middle category is about 161 students, and in high category is about 40 students; 2) prosocial behavior in low category is about 75 students, in middle category is about 109 students, and high category is about 26 students; and 3) there are an effect of emotional maturity toward prosocial behavior of teenager gadget user, with the value of significance (p) 0,000. Determination coefisien (R square) is from 0,104. This shows us that emotional maturity affect prosocial behavior in about 10,4%, and 89,6% are affected by another factor.
Keyword: emotional maturity, prosocial behavior
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.