UPAYA MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF MELALUI KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REGULASI EMOSI PADA SISWA SMP DI GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena adanya perilaku agresif pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Wonosari. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mereduksi perilaku agresif melalui teknik regulasi emosi pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Wonosari tahun ajaran 2019/ 2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 1 Wonosari sebanyak 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui satu siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala perilaku agresif dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik regulasi emosi dapat mereduksi tingkat perilaku agresif siswa. Hal tersebut terbukti dengan hasil selisih skor rata-rata pra tindakan dengan pasca tindakan seluruh siswa yang menunjukkan adanya penurunan skor sebesar 8,7 sampai dengan 25,4 poin. Hasil rata-rata skor skala perilaku agresif pada saat pra tindakan sebesar 116,05, pada pasca tindakan menurun menjadi 100,3. Hasil tersebut didukunketg dengan hasil observasi yang menunjukkan bahwa ada perubahan perilaku agresif yang dilakukan siswa menjadi semakin berkurang.
Kata kunci : regulasi emosi, perilaku agresif
Abstract
This research was conducted based on the phenomenon of aggressive behavior in class VIII B SMP N 1 Wonosari. Therefore, this study aims to reduce aggressive behavior through the technique of Self Regulation of Emotion in class VIII B students of SMP N 1 Wonosari in the academic year 2019/2020. This study uses the action research method. The subjects in this study were eigth students of SMP N 1 Wonosari. This research was carried out collaboratively with the guidance and counseling teacher through one cycle of action research. Data collection methods used are aggressive behavior scale and observation. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results showed that the Self Regulation of Emotion technique can reduce the level of aggressive behavior of students. This is evidenced by the results the difference in the pre-action average score with the post-action of all students which showed a decrease in scores of 8.7 to 25.4 points. The result average score of aggressive behavior scale at the time of pre-action amounted to116.05, after post-action decreased to 100.3. These results are supported by the results of observations that show that there are changes in aggressive behavior by students to be increasingly reduced.
Keywords : aggressive behavior, Self Regulation of Emotion
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.