PEMAHAMAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA YOGYAKARTA

Nur Yono,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran tentang pemahaman kompetensi profesional Guru BK ditinjau dari latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keikutsertaan Diklat Guru BK SMP Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Pelatiham ini melibatkan 35 Guru BK. Data dalam penelitian ini mencakup pemahaman kompetensi profesional, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keikutsertaan Diklat Guru BK yang diambil menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman kompetensi profesional Guru BK SMP Negeri Kota Yogyakarta terdiri oleh 77,14% kategori tinggi dan 22,86% kategori sedang, (2) perbedaan latar belakang pendidikan tidak memberikan perbedaan signifikan pada pemahaman kompetensi profesional dengan nilai sig. 0,527 dan 0,497, (3) perbedaan pengalaman kerja tidak memberikan perbedaan signifikan pada pemahaman kompetensi profesional dengan nilai sig. 0,926 (4) Perbedaan keikutsertaan Diklat tidak memberikan perbedaan signifikan pada pemahaman kompetensi profesional Guru BK dengan nilai sig. 0,950. 

Kata kunci: Kompetensi Profesional, Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Kerja dan Diklat


Abstract

This research purposes is to describe the idea of proffesional competency understanding of counseling educator reviewed from educational background, work experience, and training participation. This is a descriptive research with a quantitative approach. This research involving 35 counseling educator. Instruments that used is questionnaire. Data analysis techniques that used is an ANOVA test. The results of this study has shown that: (1) Professional competencies  understanding of counseling educator has a higher category as much as 77.14% and the medium category as much as 22.86%, (2) Differences of educational background do not give a significant difference

on understanding of professional competencies with a significance value 0.527 and 0.497,  (3) Differences of work experiences do not give a significant difference on understanding of professional competencies with a significance value 0.926 (4) Differences of training participations do not give a significant difference on understanding of professional competencies with a significance value 0.950.  

Keywords: Proffesional competencies, educational background, work experiences  and training  


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.