HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi Kendalls Tau. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui hubungan satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa BK UNY angkatan 2016, 2017 dan 2018 yang jumlah 240 Mahasiswa. Sampel dalam penelitian menggunakan metode random sampling dengan tingkat kesalahan 5% sehingga jumlah sampel sebesar 150 Mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dengan skala likert. Uji validitas instrument secara internal dilakukan dengan expert judgement dan uji validitas secara ekternal dengan melihat cronbach if item delete pada hasil analisis. Uji realibilitas instrument, melihat pada nilai koefesien alpha cronbach diperoleh 0,684 pada instrument self management dan 0,832 pada instrument prokrastinasi akademik. Hasilnya adalah : (1) sebanyak 111 Mahasisswa (74%) mempunyai self management yang tinggi kemudian sebanyak 33 Mahasiswa (22%) mempunyai self management sedang dan sebanyak 6 Mahasiswa (4%) mempunyai self management rendah; (2) sebanyak 19 Mahasiswa (12,6%) mempunyai perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi kemudian 78 Mahasiswa (52%) mempunyai perilaku prokrastinasi akademik yang sedang dan 53 Mahasiswa (35%) yang mempunyai perilaku prokrastinasi akademik yang rendah.
Kata Kunci: Self management, prokrastinasi akademik
AbstractThis research is a quantitative study using correlation analysis Kendalls Tau. This analysis was conducted to determine the relationship of one variable with another variable. The population in this study were all students of BK UNY batch 2016, 2017 and 2018 which numbered 240 students. The sample in this study used amethod random sampling with an error rate of 5% so that the number of samples was 150 students. Data collection using a questionnaire instrument with a Likert scale. The instrument validity test is done internally by expert judgment and external validity test by looking at cronbach if item delete on the analysis results. Instrument reliability test, looking at thecoefficient value alpha cronbach obtained 0.684 in theinstrument self management and 0.832 in the academic procrastination instrument. The results are: (1) 111 students (74%) have high self management and then 33 students (22%) have self management moderateand 6 students (4%) have self management low; (2) 19 students (12.6%) had high academic procrastination behavior then 78 students (52%) had moderate academic procrastination behavior and 53 students (35%) who had low academic procrastination behavior
Keywords: Self management, academic procrastination
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.