EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITY THERAPY DALAM PERENCANAAN KARIER SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 Yogyakarta yang diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality therapy dan yang tampa layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality therapy (2) mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality therapy terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 Yogyakarta.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperiment design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Yogyakarta sejumlah 16 orang yang masing – masing dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pra treatment, treatment, pasca treatment. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala perencanaan karir, teknik analisis yang digunakan dalam penellitian ini adalah analisis statistika non parametric uji Wilcoxon.Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality efektif terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 Yogyakarta berdasarkan uji Wilcoxon dengan menggunakan data selisih dari nilai pretets dan posttest nilai p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,011 yang menunjukan nilai probilitasnya dibawah 0,005. Jadi artinya ada perbedaan yang signifikan pada perencanaan karir siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. (2) tingkat keefektifan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality terhadap peningkatan perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 yogyakarta sebesar 77,25.
Kata kunci : pendekatan Reality Therapy , Perencanaan Karir, Konseling kelompok
Abstract
This research aim (1) to look for the significant difference is exist or not in career planning for 11th grades of students at SMKN 1 Yogyakarta which is given group counseling service by reality therapy approached (2) to know how how the effectiveness level group counseling service by reality therapy approached against 11th grades of students’ career planning at SMKN 1 Yogyakarta.This research use quasi experiment design method. The subject of this research is 16 students which have divided into 2 groups, there are experimental group and control group, this research is created in 3 sections there are pre-treatment, treatment and post-treatment. The data collection technique use career planning scale. The analysis technique which is used in this research is non parametric statistics of Wilcoxon test. The results of the study conclude (1) the application of group counseling services by reality effective therapy approached against career planning for 11th grades of students at SMKN 1 Yogyakarta based on Wilcoxon test by using data deviation from pre-test score and post-test score p value (asymp. Sig 2 tailed) around 0,011 to show the probability score less than 0,005, it’s mean there the significant difference is exist on career planning from control group and experimental group. (2) the effectiveness level of group counseling service by reality therapy approached against career planning improvement for 11th grades of students at SMKN 1 Yogyakarta around 77, 25
Keywords: ‘Reality Therapy’ approach, students’ career planning, group counseling.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.