PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERISOLIR MENGGUNAKAN GAME PUZZLE

Farida Destiana,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatabelakangi oleh adanya masalah interaksi sosial siswa yaitu masalah siswa terisolir di SMA Negeri 1 Sedayu. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir dengan menggunakan games puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan reflekssi. Tindakan yang dilakukan berupa bimbingan kelompok dengan metode games puzzle yang dilakukan oleh siswa terisolir. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa terisolir yang berjumlah 6 orang dan berasal dari siswa kelas X. Data dikumpulkan menggunakan sosiometri, instrumen skala interaksi sosial siswa yang telah diuji validitas oleh expert judgement dan validitas isi. Dilakukan juga uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,882. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa games puzzle dapat meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir di SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus tindakan dimana pada setiap siklus mengalami peningkatan skor. Rata-rata peningkatan skor yang terjadi pada siklus I sebesar 5,83%. Rata-rata peningkatan skor yang terjadi pada siklus II sebesar 36,83%. Sedangkan rata-rata peningkatan pada siklus I dan siklus II adalah 20,62%. Hal ini menunjukkan bahwa pada masing-masing siklus telah menunjukkan adanya peningkatan skor yang terjadi. Pada siklus II, penelitian dicukupkan karena siswa telah mencapai skor kriteria keberhasilan tindakan yaitu skor ≥ 90 atau dalam kategori tinggi.

Kata kunci: interaksi sosial, siswa terisolir, games puzzle

 

Abstract

The student’s social interaction problem was the background of this research, which the isolated students are the common problem at SMA Negeri 1 Sedayu. The aim of the research is to improve the social interaction of the isolated students by using the puzzle games. This research is an action research that used the Kemmis and Mc. Taggart model, that composed of planning, action, observation and reflection. The action used the group guidance and the puzzle game was the method, and performed by the isolated students. The subject of this study was the isolated students totaled 6 students and came from the 10th grader. The data was collected by using sociometry, the instrument used the scale of student’s social interaction that had been tested by expert judgement validation and the content validation. It also tested out by the reliability test used the Alpha Cronbach with the level of reliability was 0.882. The data analysis technique in this study is with quantitative descriptive. The results of this research showed that puzzle games can increase the social interaction of the isolated students in the SMA Negeri 1 Sedayu. This research had done in the two-time cycle of action where at the each cycle have the increased scores. The average of the increased scores at the first cycle was 5.83%. The average of the increased scored at the second cycle was 36.83%. While the average of the increased score at the first and the second cycle was 20.62%. This result showed that in the each cycle the score had been increasing. The research stopped at the second cycle because the students had achieved the success criteria and and the score of the student reached ≥ 90 or in the high category.

Keywords: social interaction, isolated students, puzzle games


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.