HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA N 1 SRANDAKAN

Septi Juwita Sari,

Abstract


Abstrak

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) tingkat kecerdasan emosi siswa kelas X SMA N 1 Srandakan, 2) tingkat motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Srandakan, dan 3) hubungan antara kecerdasan emosi dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Srandakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala motivasi belajar. Uji hipotesis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebanyak 92 siswa (71,3%) memiliki kecerdasan emosi dengan kategori tinggi dan 37 siswa (28,7%) memiliki kecerdasan emosi dengan kategori sedang; (2) sebanyak 50 siswa (38,8%) memiliki motivasi belajar dengan kategori tinggi, 78 siswa (60,5%) memiliki motivasi belajar dengan kategori sedang, dan 1 siswa (0,8%) memiliki motivasi belajar dengan kategori rendah; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dengan motivasi belajar siswa kelas X SMA N 1 Srandakan dengan angka koefisien korelasi ( sebesar 0,618.

 

Kata kunci: kecerdasan emosi, motivasi belajar

 

Abstract

This study aimed to determine 1) the level of emotional intelligence of tenth grade students of SMA N 1 Srandakan, 2) the level of learning motivation of tenth grade students of SMA N 1 Srandakan, and 3) the relationship between emotional intelligence with the learning motivation of tenth grade students of SMA N 1 Srandakan. This study used a quantitative approach and the type was correlation research. This research was population research. The data collection techniques used emotional intteligence scale and learning motivation scale. The hypothesis test used the Pearson Product Moment correlation. The results showed that: (1) 92 students (71.3%) had high emotional intelligence and 37 students (28.7%) had moderate intelligence; (2) 50 students (38.8%) had high learning motivation, 78 students (60.5%) had moderate learning motivation, and 1 student (0.8) had low learning motivation; (3) there was a positive and significant relationship between emotional intelligence with the learning motivation at tenth grade of SMA N 1 Srandakan with the correlation coefficient ( of 0.618.

 

Keywords: emotional intelligence, learning motivation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.