HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA SMP NEGERI 3 PAKEM TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu Religiusitas dengan variabel terikat yaitu Penyesuaian Diri di Sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Keseluruhan subjek berjumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan teknik purposive stratified cluster quota random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala religiusitas dan skala penyesuaian diri di sekolah. Uji validitas menggunakan expert judgement, sedangkan reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,693 pada skala religiusitas dan 0,754 pada skala penyesuaian diri di sekolah. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Karl Pearson dengan program SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif antara religiusitas dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa SMP Negeri 3 Pakem. Semakin tinggi tingkat religiusitas yang dimiliki siswa maka semakin tinggi tingkat penyesuaian diri di sekolahnya, nilai koefisien korelasi sebesar 0,353 dan nilai determinasi sebesar 0,124, ini berarti variabel religiusitas mempengaruhi variabel penyesuaian diri di sekolah sebesar 12,4%. Berdasarkan hasil kategorisasi religiusitas menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 3 Pakem memiliki tingkat kategori sedang (75,93%). Berdasarkan hasil kategorisasi penyesuaian diri di sekolah, menunjukkan hasil bahwa siswa SMP Negeri 3 Pakem memiliki tingkat penyesuaian diri di sekolah yang sedang (64,81%).
Kata kunci: religiusitas, penyesuaian diri di sekolah, SMP
Abstract
This research aims to know the correlation between the independent variables are Religiosity the dependent variable is Self Adjustment in School. Subjects in this research were students of SMP Negeri 3 Pakem, Sleman, Yogyakarta. The whole subject of around 54 students. This research uses a quantitative method with a correlation type. The sampling technique research using purposive stratified cluster quota random sampling. Data collection instrument using the religiosity scale and self adjustment in school scale. Test the validity of using expert judgment, while reliability using Cronbach Alpha with reliability coefficient of 0.693 on a scale of religiosity and 0.754 on a scale of self adjustment in school. Data analysis using product moment correlation technique from Karl Pearson with SPSS 16 for Windows. The results showed a positive correlation between religiosity and self adjustment in school students of SMP Negeri 3 Pakem. The higher the level of religiosity of the students, the higher the level of self adjustment in school, the value of the correlation coefficient of 0.353 and the value of determination of 0.124, this means that the variable religiosity affects variable self adjustment in school by 12.4%. Based on the results of the categorization of religiosity shows that students of SMP Negeri 3 Pakem has a moderate category level (75.93%). Based on the results of the self adjustment in school categorization, showed that students of SMP Negeri 3 Pakem has a moderate category level self adjustment in school (64.81%).
Keywords: religiosity, self adjustment in school, Junior High School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.