MENGU KO J URANGI P ONSELING SMP N 3 M PROGRA JURUSAN UN PERILAKU G KELOMP MUNTILA A NuraiN AM STUD PSIKOLO FAKULT NIVERSITA U KONSUM POK PADA AN TAHUN ARTIKEL E Oleh ini Putri Pe NIM. 11104 I BIMBING OGI PENDI TAS ILMU AS NEGER 2015 MTIF MEL A SISWA K N AJARAN JOURNAL h ermatasari 4244015 GAN DAN IDIKAN DA PENDIDIK RI YOGYA 5 LALUI LA KELAS VI N 2014/2015 L i N KONSEL AN BIMBI KAN AKARTA AYANAN II A 5 ING INGAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku kosnumtif siswa kelas VIII A SMP N 3 Muntilan Kabupaten Magelang dengan menggunakan layanan konseling kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subyek penelitian ini adalah 13 siswa kelas VIII A SMP N 3 Muntilan Kabupaten Magelang. Obyek penelitian ini adalah perilaku konsumtif siswa yang dilihat dari aspek pembelian impulsif, pembelian tidak rasional, dan pembelian boros atau berlebihan.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah seluruh siswa mampu mencapai skor < 60 atau berada dalam kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan konseling kelompok dapat mengatasi perilaku konsumtif siswa kelas VIII A SMP N 3 Muntilan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari siklus I terdapat 3 tindakan dan siklus II terdapat 2 tindakan. Penurunan setelah siklus I sebesar 23 sedangkan setelah siklus 2 sebesar 16. Hasil skor rata-rata pre test sebesar 84 dilanjutkan dengan hasil skor rata-rata post test I adalah 61, sedangkan skor rata-rata post test II adalah 45. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa pembelian impulsif pada siswa mulai berkurang, membeli dengan rasional dan membeli secukupnya.
Kata kunci: perilaku konsumtif, konseling kelompok, SMP
Abstract
This study aims to overcoming consumer behavior of students of class VIII A SMP N 3 Muntilan Magelang using services counseling group . This research is a classroom action research using the model Kemmis and Mc Taggart. The subjects of this study were 30 students of class VIII A SMP N 3 Muntilan Magelang. Object of this research is the consumer behavior of students as seen from the aspect of the impulsive, the irrational, and the wasteful or excessive . Data collection methods used were observation and interviews. The instrument used was a scale, observation and interview guides. Defined indicators of success are all students were able to achieve a score< 60 or are in a low category. The results showed that the services counseling group can increase consumer behavior class VIII A SMP N 3 Muntilan. This research was conducted in two cycles consisting of cycles one there are three acts and cycles two there are two acts. The drop in after cycle 1 at 23, while after the second cycle of 16. Results of an average score of 82 followed pre-test scores with the results of the average post test I is 61, while the average score of post test II was 45. These results are also supported by the results of observations and interviews which show the impulsive students are startingto wane, buying with rasional, and buying to taste.
Keywords: counsumer behavior, counseling group, Junior High School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.