UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI TEKNIK KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 PAKEM

Raras Pandu Respati Ningrum,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi interpersonal pada siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pakem, dengan menggunakan teknik konseling kelompok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Pakem tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki empat komponen tindakan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala pre-tes dan post-test, lembar observasi sikap dan perilaku siswa, lembar observasi siswa terkait topik yang dibahas, dan pedoman wawancara dengan siswa. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 6 (70%) siswa mampu berkomunikasi interpersonal dengan baik dilihat dari hasil skala yang disebar dan diperkuat oleh data observasi serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri atas 4 tindakan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dapat meningkatkan komunikasi interpersonal siswa. Peningkatan ini dapat dibuktikan dengan skor rata-rata pre-test sebesar 69,7 dengan presentase 58,1%, post-test I sebesar 83,7 dengan presentase 69,8%, post-test II sebesar 97,9 dengan presentase 81,6%. Hasil uji wilcoxon data pratindakan dengan siklus I menunjukkan nilai Z=-2,524 dengan p=0,012, sedangkan uji data siklus I dengan siklus II menunjukkan nilai Z=-2,533 dengan p=0,011. Nilai p kurang dari 0,05 berarti bahwa ada perbedaan komunikasi interpersonal yang signifikan setelah tindakan. Proses konseling kelompok dari hasil observasi menunjukkan interaksi antar anggota kelompok sudah mulai mampu terbuka, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan. Hasil wawancara diperoleh kesimpulan bahwa siswa mengalami peningkatan komunikasi interpersonal setelah pemberian tindakan.
Kata kunci: komunikasi interpersonal, konseling kelompok, SMP
Abstract
This research to improve interpersonal communication in class VII B Junior High School State 1 Pakem, using the technique of group counseling. This research includes action research using models Kemmis and McTaggart. The subject of research students of class VII B Junior High School State 1 Pakem academic year 2014/2015, amounts to 8 students. This study was conducted in two cycles and each cycle has four components, namely action planning, action, observation, and reflection. Data collection technique used scale, observation, and interviews. The research instrument used was a scale pre-test and post-test, the observation sheet attitudes and behavior of students, student observation sheet related to the topics discussed, and guidelines for interviews with students. Defined indicators of success is 6 (70%) students were able to communicate well interpersonal seen from the results scale disseminated and reinforced by the observation data and interviews. The results showed that group counseling can improve students' interpersonal communication. Research was conducted in two cycles each consisting of four acts. Based on these results it can be concluded that the application of group counseling can improve students' interpersonal communication. This increase can be evidenced by an average score 69.7 of pre-test with a percentage of 58.1%, post-test I amounted to 83.7 with a percentage 69.8%, post-test II amounted to 97.9 with a percentage of 81.6%. Wilcoxon pretest result data with cycle 1 showed the value of Z=-2,524 with p=0.012, while testing the data cycle I cycle II shows the value of Z=-2,533 with p=0.011. The p less than 0.05 means there are significant differences in interpersonal communication after the action. Group counseling process from the observation shows the interaction between members of the group has begun openness, empathy, supportiveness, positiveness, and equality. Results of the interview is concluded that the students had increased interpersonal communication after the action.
Keywords: interpersonal communication, group counseling, Junior High School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.