HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara kreativitas belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates, 2) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates, dan 3) mengetahui hubungan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1) hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,533 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,005, 2) hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,723 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,005, 3) hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates yang ditunjukkan dari nilai R hitung sebesar 0,755 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,569 atau 56,9% kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates dijelaskan oleh kreativitas belajar dan motivasi belajar sedangkan 43,1% dijelaskan oleh faktor lain.
Kata kunci : Kreativiatas Belajar, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar
Abstract
This study aimed to 1) find out the relationship between learning creativity with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates, 2) find out the relationship between learning motivation with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates, and 3) find out the relationship between learning creativity and learning motivation with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates. This research is a quantitative correlational study. The results of this study indicated that there is 1) a positive and significant relationship between learning creativity and learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates. The correlation coefficient obtained for 0.533 and a significance value of 0,000 or 0,000 <0.005, 2) a positive and significant relationship between learning motivation with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates. The correlation coefficient obtained was 0.723 and a significance value of 0,000 or 0,000 <0.005, 3) a positive and significant relationship between learning creativity and learning motivation with learning independence of grade students at SMP Negeri 4 Wates indicated by the calculated R value of 0.755 and a significance value of 0,000, which means less of 0.05 (0,000 <0.05) with a coefficient of determination ( ) of 0.569 or 56.9% of students' learning independence explained by learning creativity and learning motivation while 43.1% is explained by other factors.
Keywords: learning creativity, learning motivation, learning independence
Refbacks
- There are currently no refbacks.