HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII

Dita Hesti Wulandari,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara kreativitas belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates, 2) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates,  dan 3) mengetahui hubungan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 1) hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,533 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,005, 2) hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,723 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,005, 3) hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates yang ditunjukkan dari nilai R hitung sebesar 0,755 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,569 atau 56,9% kemandirian belajar siswa SMP Negeri 4 Wates dijelaskan oleh kreativitas belajar dan motivasi belajar sedangkan 43,1% dijelaskan oleh faktor lain.

 

Kata kunci : Kreativiatas Belajar, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

 

Abstract

This study aimed to 1) find out the relationship between learning creativity with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates, 2) find out the relationship between learning motivation with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates, and 3) find out the relationship between learning creativity and learning motivation with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates. This research is a quantitative correlational study. The results of this study indicated that there is 1) a positive and significant relationship between learning creativity and learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates. The correlation coefficient obtained for 0.533 and a significance value of 0,000 or 0,000 <0.005, 2) a positive and significant relationship between learning motivation with learning independence of students at SMP Negeri 4 Wates. The correlation coefficient obtained was 0.723 and a significance value of 0,000 or 0,000 <0.005, 3) a positive and significant relationship between learning creativity and learning motivation with learning independence of grade students at SMP Negeri 4 Wates indicated by the calculated R value of 0.755 and a significance value of 0,000, which means less of 0.05 (0,000 <0.05) with a coefficient of determination ( ) of 0.569 or 56.9% of students' learning independence explained by learning creativity and learning motivation while 43.1% is explained by other factors.

 

Keywords: learning creativity, learning motivation, learning independence


Refbacks

  • There are currently no refbacks.