EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Wiendi Dwi Nugroho,

Abstract



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dan pemilihan subyek menggunakan teknik purposive. Metode penggumpulan data menggunakan skala dan instrumen yang digunakan adalah skala motivasi belajar yang didukung dengan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis univariat dan uji wilcoxon. Validitas skala motivasi belajar dari 48 item ada 7 item yang gugur dan 41 item dinyatakan valid, sedangkan, reliabilitas skala motivasi belajar sebesar 0,745 artinya memiliki reliabilitas yang tinggi. Layanan bimbingan kelompok teknik homeroom dapat menigkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan. Dari hasil pretest diperoleh hasil 4 siswa (66,7%) pada kategori rendah, 2 siswa (33,3%) pada kategori sedang dan tidak ada siswa yang berada pada kategori tinggi. Pada posttest diperoleh hasil 2 siswa (33,3%) pada kategori sedang, 4 siswa (66,7%) pada kategori tinggi dan tidak ada siswa pada kategori rendah. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil Uji Wilcoxon diperoleh hasil nilai Z sebesar -2,207 dan signifikasi p-value sebesar 0,027 diketahui bahwa sig < α (0,05) maka dapat disimpulkan ada perbedaan antara hasil pretest dengan hasil posttest kelompok eksperimen. Hasil pretest dan posttest tersebut diperkuat dengan hasil observasi yang menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar siswa. Sehingga disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik homeroom efektif terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rakit Kabupaten Banjarnegara.
Kata kunci: bimbingan kelompok teknik homeroom, motivasi belajar
Abstract
This research aims to determine the effectiveness of group counseling homeroom program services in increasing eighth grade student’s study motivation in Junior High School 1 Rakit Banjarnegara. This research is quasi-experiment and the Selection of subjects are using the purposive technique. Data collection methods used in this research are using scale. instrument that used is the motivation scale study supported by observation. Analysis data technique using univariate analysis and Wilcoxon test. The validity of learning motivation scale of 48 items there are 7 items that fail and 41 items found valid, while learning motivation scale reliability of 0.745 means to have high reliability. Group counseling homeroom program services to improve student’s study motivation. This can be seen from pretest and posttest results in experiment group that increased. From the results of the pretest shows 4 students (66.7%) are in the lower categories, 2 students (33.3%) are in the medium category, and there are no students who are in the high category. At posttest results obtained 2 students (33.3%) are in the medium category, 4 students (66.7%) are in the high category and there are no students in the low category. The results of the pretest and posttest were confirmed by the results of Wilcoxon test that Z value of -2.207 and a significance p-value of 0.027 is known that the sig <α (0.05), it can be concluded that there is a difference between pretest results and posttest results of the experimental group. Pretest and posttest results is supported by the observation that shows there are no increasing in student’s study motivation, so it summed that group counseling homeroom program services is effective for eighth grade students' study motivation in Junior High School 1 Rakit Banjarnegara.
Keywords: group counseling homeroom program, Study motivation.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.