PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MELALUI PERMAINAN TEAM WORK PADA SISWA KELAS VIII D DI SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian didasarkan pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswakelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta melalui teknik permainan team work.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam satu siklus menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus 1 dilaksanakan melalui lima tindakan dengan menggunakan lima permainan team work yang berbeda-beda yaitu menyeberangi sungai, menggiring bola, see our feet, the longest tie dan trust falls. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kemampuan komunikasi interpersonal, observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode permainan team work mampu meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan skor rata-rata (mean) yang dicapai siswa mengalami peningkatan dari 110,69 menjadi 138,31 dengan persentase peningkatan sebesar 26,35%. Kemampuan komunikasi interpersonal pada pra siklus untuk kategori tinggi tidak ada, kategori sedang sebanyak 21 siswa (65,6%) dan kategori rendah sebanyak 11 siswa (34,4%). Kemudian pada siklus I, kemampuan komunikasi interpersonal sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 25 siswa (78,1%), kategori sedang sebanyak 7 siswa (21,9%) dan kategori rendah menjadi tidak ada. Hasil interpreasi skala yang menunjukkan 75% siswa termasuk dalam kategori tinggi, hasil interpretasi lembar observasi menunjukkan 50% siswa telah memunculkan aspek komunikasi interpersonal, dan hasil wawancara menunjukkan siswa sudah mampu memahami dan menjelaskan tentang kemampuan komunikasi interpersonal.
Kata kunci: komunikasi interpersonal, permainan team work
Abstract
This research is based on interpersonal communication ability class VIII D of SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta that low enough. This research aims to improve interpersonal communication skills grade eighthD students of SMP N 1Seyegan Sleman Yogyakarta through techniques team work games.
This study uses classroom action research (Classroom Action Research) were carried out in a single cycle Kemmis and Taggart using a model consisting of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. Implementation cycle I is done through 5 action by using 5 team work gamrs that different each other, namely cross the river, dribble, see our feet, the longest tie, and trust falls. This subjek research is students class VIII D SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta tottalling 32 students. Data collection techniques using a scale of interpersonal communication ability, observation and interview
This result of this research showed that the application of team work games is capable to increase interpersonal communication ability students class VIII D SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. This indicated an average score ( mean ) of students achieved an increase of 110.69 into 138.31 with a percentage increase of 26.35 %. Interpersonal communication skills in pre-cycle for no higher category, moderate categories are 21 students ( 65.6 % ) and low categories were 11 students ( 34.4 % ). Later in 1 cycle, interpersonal communication ability are mostly in the high category were 25 students ( 78.1 % ), moderate category were 7 students ( 21.9 % ) and low category being no. The results interpretation scale which shows 75 % of students in the high category, results interpretation observation sheet showed 50 % of students have led to aspects of interpersonal communication, and interview results show students are able to understand and explain about the interpersonal communication skills.
Keywords : interpersonal communication,team work games
Penelitian didasarkan pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta yang cukup rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswakelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta melalui teknik permainan team work.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam satu siklus menggunakan model kemmis dan Taggart yang terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus 1 dilaksanakan melalui lima tindakan dengan menggunakan lima permainan team work yang berbeda-beda yaitu menyeberangi sungai, menggiring bola, see our feet, the longest tie dan trust falls. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kemampuan komunikasi interpersonal, observasi dan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode permainan team work mampu meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII D di SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan skor rata-rata (mean) yang dicapai siswa mengalami peningkatan dari 110,69 menjadi 138,31 dengan persentase peningkatan sebesar 26,35%. Kemampuan komunikasi interpersonal pada pra siklus untuk kategori tinggi tidak ada, kategori sedang sebanyak 21 siswa (65,6%) dan kategori rendah sebanyak 11 siswa (34,4%). Kemudian pada siklus I, kemampuan komunikasi interpersonal sebagian besar dalam kategori tinggi sebanyak 25 siswa (78,1%), kategori sedang sebanyak 7 siswa (21,9%) dan kategori rendah menjadi tidak ada. Hasil interpreasi skala yang menunjukkan 75% siswa termasuk dalam kategori tinggi, hasil interpretasi lembar observasi menunjukkan 50% siswa telah memunculkan aspek komunikasi interpersonal, dan hasil wawancara menunjukkan siswa sudah mampu memahami dan menjelaskan tentang kemampuan komunikasi interpersonal.
Kata kunci: komunikasi interpersonal, permainan team work
Abstract
This research is based on interpersonal communication ability class VIII D of SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta that low enough. This research aims to improve interpersonal communication skills grade eighthD students of SMP N 1Seyegan Sleman Yogyakarta through techniques team work games.
This study uses classroom action research (Classroom Action Research) were carried out in a single cycle Kemmis and Taggart using a model consisting of four stages, namely planning, action, observation, and reflection. Implementation cycle I is done through 5 action by using 5 team work gamrs that different each other, namely cross the river, dribble, see our feet, the longest tie, and trust falls. This subjek research is students class VIII D SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta tottalling 32 students. Data collection techniques using a scale of interpersonal communication ability, observation and interview
This result of this research showed that the application of team work games is capable to increase interpersonal communication ability students class VIII D SMP Negeri 1 Seyegan Sleman Yogyakarta. This indicated an average score ( mean ) of students achieved an increase of 110.69 into 138.31 with a percentage increase of 26.35 %. Interpersonal communication skills in pre-cycle for no higher category, moderate categories are 21 students ( 65.6 % ) and low categories were 11 students ( 34.4 % ). Later in 1 cycle, interpersonal communication ability are mostly in the high category were 25 students ( 78.1 % ), moderate category were 7 students ( 21.9 % ) and low category being no. The results interpretation scale which shows 75 % of students in the high category, results interpretation observation sheet showed 50 % of students have led to aspects of interpersonal communication, and interview results show students are able to understand and explain about the interpersonal communication skills.
Keywords : interpersonal communication,team work games
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.