PENGARUH KONFORMITAS TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA

Humaira Lulu Parantika,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat konformitas teman sebaya siswa kelas XI, (2) mengetahui tingkat perilaku agresif siswa kelas XI, (3) mengetahui pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku agresif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta sebanyak 139 orang. Uji validitas instrumen menggunakan expert judgement dilanjutkan uji konsistensi butir dengan corrected item-total correlation sedangkan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konformitas teman sebaya siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta mayoritas pada kategori sedang dengan presentase 71,9 %. (2) Perilaku agresif siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta sebagian besar pada kategori sedang dengan presentase 75,1 %. (3) Ada pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku agresif dengan nilai t = 3.086 dengan nilai sig = 0.003 dengan persamaan garis regresi Y = 43.125 = 0.352X.

Kata kunci: konformitas teman sebaya, perilaku agresif

 

Abstract

This study aims to (1) determine the level of peer conformity in class XI students, (2) to know the level of aggressive behavior of class XI students, (3) to determine the effect of peer conformity on the aggressive behavior of class XI students of Muhammadiyah 7 High School Yogyakarta. This study uses quantitative research methods and types of correlational research. The research subjects were 139 students of class XI Yogyakarta Muhammadiyah High School 7. Test the validity of the instrument using an expert judgment followed by a consistency test with corrected item-total correlation while the reliability test uses Cronbach alpha. The prerequisite test uses the normality test and data analysis techniques using simple regression analysis. The results of the study showed: (1) Peer conformity of class XI students of Muhammadiyah 7 Yogyakarta Senior High School in the middle category with a percentage of 71.9%. (2) Aggressive behavior of class XI students of Muhammadiyah 7 High School Yogyakarta mostly in the medium category with a percentage of 75.1%. (3) There is the influence of peer conformity on aggressive behavior with the value t = 3.086 with the value of sig = 0.003 with the regression line equation Y = 43.125 = 0.352X.

Keywords: peer conformity, aggressive behavior


Full Text:

PDF

References


Agus, Mikha. (2013). Statistika Terapan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Pusat Statistik. (2010). Profil kriminalitas remaja. Jakarta Badan Pusat Statistik

Fitri Maedita Syarifuddin. (2018). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Perilaku Mengganggu Siswa SMK Perguruan Islam Republik Indonesia (PIRI) 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Hendriati A. (2006). Psikologi Perkembangan: Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: Refika Aditama.

Luanda, A., Isti’adah, F. N. L., & Nugraha, A. (2020). The senior year students’ persistence profile of UMTAS (University of Muhammadiyah Tasikmalaya). ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 1(2).

Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Humanika.

Novianty, L., & Denny P. (2014). Hubungan Antara Konformitas Terhadap Teman Sebaya Dengan Perilaku Bullying Pada Siswa SMPN 22 Tangerang. Jurnal NOETIC Psychology, 4, 97.

Rikard Rahmat. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Ormrod, Jeanne Ellis). Jakarta: Erlangga.

Santrock, J.W. (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja Edisi Keenam. Penerjemah: Shinto B. Adler & Sherly Saragih. Jakarta: PT. Erlangga.

Santrock, J.W. (2007). Adolescence: Perkembangan Remaja Edisi Kesebelas. Penerjemah: Mila Rachmawati & Anna Kuswanti. Jakarta: PT. Erlangga.

Santrock, J.W. (2013). Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: PT. Erlangga.

Sekar Langit Nariswari. (2018). 7 Anggota Geng “Respect” Ditetapkan Tersangka. Diakses dari: www.jatengpos.com diunduh pada tanggal 18 Mei 2018 pukul 09.32 WIB.

Septia Dian Kumalasari. (2018). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Pada Siswa SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: UNY.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.