EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing terhadap self disclosure siswa kelas XI di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi exsperimental dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas pembanding atau kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan hasil undian sehingga diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala. Instrumen yang digunakan adalah skala keterbukaan diri. Teknik analisis data menggunakan independent sample t test melalui aplikasi SPSS for Windows 21.0 Version. Hasil penelitian menunjukan bahwa self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Hasil pengujian pelitian menggunakan independent sample t test menunjukan bahwa nilai signifikasi 0.000 < 0.05 dan hasil pretest maupun posttest kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata dari 94,4 menjadi 116,2 yang dapat dikatakan bahwa teknik role playing efektif terhadap self disclosure siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta.
Kata Kunci: Teknik role playing, self disclosure
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of group guidance by using the role playing technique on self disclosure of class XI students at MAN 1 Yogyakarta. This research uses a type of quasi-experimental research with a nonrandomized pretest-posttest design group design. This study uses two classes namely one experimental class and one comparison or control class. The population of this research was all students of class XI MAN 1 Yogyakarta. The research sample was taken using simple random sampling technique based on the results of the lottery to obtain the XI IPS 1 class as the experimental class and MIPA 3 as the control class. The object of the research was self disclosure of class XI students of MAN 1 Yogyakarta. Data collection techniques use a scale method. The instrument used is the scale of self-disclosure. Data analysis techniques using independent sample t test through the SPSS for Windows 21.0 Version application. The results showed that self disclosure of class XI students of MAN 1 Yogyakarta increased after being given role playing technique group guidance services. The test results using independent sample t test showed that the significance value of 0.000 <0.05 and the results of the pretest and posttest of the experimental class increased from 94.4 to 116.2 which can be said that the role playing technique was effective against self disclosure of class XI MAN students. 1 Yogyakarta.
Keywords: Role playing technique, self disclosur
Full Text:
PDFReferences
Cangara, H. (2007). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DeVito, J. A. (2011). Komunikasi antar manusia. Edisi kelima: Alih bahasa: Agus Maulana. Tangerang: Karisma Publishing Group.
Gunawan, N. E. (2020). When offense and mutual forgiveness collide yearly in indonesia: A qualitative study during Eid al-Fitr. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and Counseling, 1(1).
Hamalik, O. (2010). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Izzaty, R.E dkk. (2013). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.
Prayitno. (1995). Layanan bimbingan dan konseling kelompok (Dasar dan profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Supraktiknya, A (1995). Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Uno, H.B. (2008). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.