PERBEDAAN MOTIVASI BERPRESTASI ANTARA SISWA KMS (KARTU MENUJU SEJAHTERA) DAN SISWA REGULER DI SMP N 8 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi siswa KMS dan siswa Regular di SMP N 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparasi, dengan subjek penelitian siswa kelas VII , VIII dan IX SMP N 8 Yogyakarta dengan jumlah 33 siswa KMS dan 33 siswa Regular dengan menggunakan teknik cluster quota random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan perbandingan, data diperoleh selanjutnya dihitung menggunakan teknik analisis statistic uji-t. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikasi sebesar 0,310 untuk skala motivasi berprestasi. Uji-t motivasi berprestasi sebesar 2,264. Hasil tersebut menunjukan bahwa varian sama atau homogen dan terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa KMS dan siswa Regular. Pada siswa KMS secara umum nilai rata-rata nya 159,03 , sedangkan pada siswa Regular secara umum nilai rata –rata nya 152,36. Siswa KMS lebih tinggi skor nya dalam hal mencapai kesuksesan, mengantisipasi kegagalan, mengungguli prestasi yang pernah dicapai, kesempurnaan dalam menyelesaikan tugas dan kepercayaan pada diri sendiri, tetapi masih rendah dalam mengungguli prestasi orang lain. Siswa Regular lebih tinggi skor nya dalam hal mengungguli prestasi orang lain, dan rendah dalam hal mencapai kesuksesan, mengantisipasi kegagagalan, mengungguli prestasi sendiri yang pernah dicapai, kesempuraan dalam menyelesaikan tugas dan kepercayaan pada diri sendiri.
Kata kunci : motivasi berprestasi, siswa KMS, siswa Regular
Abstract
This research aims to understand the different types of motivations KMS high performing students and students in junior high school regularN 8 Yogyakarta . This study is a comparative study using a quantitative approach. with the subject of study grade students vii , viii and ix of smpn 8 yogyakarta by the number of 33 students kms and 33 students with regular used a technique of clusters of a quota random sampling. Data collection technique used scale. Analysis technique using comparison, data is collected next calculated using a technique uji-t statistic. The results of the study shows a figure significance in as much as 0,310 to scale high performing motivation .T-Test motivation 2,264 high performing as much as . On the KMS students in general the average value of his 159,03, while in regular students in general the flattened flattened his 152,36. Students kms higher its score in terms of menca ai success, anticipate failure to surpass previous achievements, kesemprnaan in complete a task and trust to himself as but still low in achievement to surpass others.Regular students higher its score in terms of achievement to surpass others and low in terms of achieve success, anticipate kegagagalan, to surpass his own accomplishments it had ever made, kesempuraan in complete a task and the belief in yourself.
Keywords: motivation of achievement , KMS students , regular students
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi berprestasi siswa KMS dan siswa Regular di SMP N 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis komparasi, dengan subjek penelitian siswa kelas VII , VIII dan IX SMP N 8 Yogyakarta dengan jumlah 33 siswa KMS dan 33 siswa Regular dengan menggunakan teknik cluster quota random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik analisis data menggunakan perbandingan, data diperoleh selanjutnya dihitung menggunakan teknik analisis statistic uji-t. Hasil penelitian menunjukkan angka signifikasi sebesar 0,310 untuk skala motivasi berprestasi. Uji-t motivasi berprestasi sebesar 2,264. Hasil tersebut menunjukan bahwa varian sama atau homogen dan terdapat perbedaan motivasi berprestasi antara siswa KMS dan siswa Regular. Pada siswa KMS secara umum nilai rata-rata nya 159,03 , sedangkan pada siswa Regular secara umum nilai rata –rata nya 152,36. Siswa KMS lebih tinggi skor nya dalam hal mencapai kesuksesan, mengantisipasi kegagalan, mengungguli prestasi yang pernah dicapai, kesempurnaan dalam menyelesaikan tugas dan kepercayaan pada diri sendiri, tetapi masih rendah dalam mengungguli prestasi orang lain. Siswa Regular lebih tinggi skor nya dalam hal mengungguli prestasi orang lain, dan rendah dalam hal mencapai kesuksesan, mengantisipasi kegagagalan, mengungguli prestasi sendiri yang pernah dicapai, kesempuraan dalam menyelesaikan tugas dan kepercayaan pada diri sendiri.
Kata kunci : motivasi berprestasi, siswa KMS, siswa Regular
Abstract
This research aims to understand the different types of motivations KMS high performing students and students in junior high school regularN 8 Yogyakarta . This study is a comparative study using a quantitative approach. with the subject of study grade students vii , viii and ix of smpn 8 yogyakarta by the number of 33 students kms and 33 students with regular used a technique of clusters of a quota random sampling. Data collection technique used scale. Analysis technique using comparison, data is collected next calculated using a technique uji-t statistic. The results of the study shows a figure significance in as much as 0,310 to scale high performing motivation .T-Test motivation 2,264 high performing as much as . On the KMS students in general the average value of his 159,03, while in regular students in general the flattened flattened his 152,36. Students kms higher its score in terms of menca ai success, anticipate failure to surpass previous achievements, kesemprnaan in complete a task and trust to himself as but still low in achievement to surpass others.Regular students higher its score in terms of achievement to surpass others and low in terms of achieve success, anticipate kegagagalan, to surpass his own accomplishments it had ever made, kesempuraan in complete a task and the belief in yourself.
Keywords: motivation of achievement , KMS students , regular students
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.